Indonesia Vs Thailand 0-0, Hansamu Cs Gagal Balas Dendam

TEMPO.CO, Jakarta – Laga persahabatan antara Indonesia Vs Thailand di Stadion Pakansari, Bogor, berakhir imbang 0-0. Hansamu Yama cs gagal membalas dendam setelah tiga hari lalu tumbang 2-1.

Pelatih Luis Milla menurunkan penyerang tunggal Lerby Aliandri dengan ditopang oleh Riko Simanjuntak, Septian David Maulana dan Febri Hariyadi di lini depan. Namun pergerakan Riko dan Febri di sisi lapangan tampaknya sudah diantisipasi oleh para pemain Thailand. Beberapa kali percobaan tusukan dari sisi kanan atau joke kiri tak dapat menembus pertahanan Thailand yang berlapis.

Peluang terbaik bagi Indonesia terjadi pada menit ke-37. Memanfaatkan situasi tendangan pojok, Kapten Hansamu Yama Pranata melepaskan tembakan ke arah gawang Thailand. Namun tendangannya masih dapat ditepis oleh penjaga gawang Thailand.

Tiga menit berselang justru gawang Indonesia yang hampir kebobolan. Serangan balik Thailand salah diantisipasi oleh pemain belakang Indonesia sehingga membuat satu pemain lawan lepas. Beruntung M Ridho masih bisa menggagalkan tembakan pemain Thailand tersebut.

Pada babak kedua, LUis Milla berupaya menambah daya gedornya dengan memasukan pemain naturalisasi Alberto Goncalves menggantikan Lerby. Masuknya Beto, sebutan untuk Alberto, sedikit membuat perubahan dalam serangan Indonesia.

Kemampuannya menahan bola yang lebih baik dari Lerby membuat skuad Garuda Muda sempat mengurung pertahanan Thailand pada 20 menit pertama babak kedua. Namun penyelesaian akhir yang kurang baik dan juga kualitas peluang yang masih belum baik membuat Indonesia gagal mencetak gol.

Milla juga memasukan Sadil Ramdani menggantikan Septian David Maulana yang bermain kurang baik pada laga itu. Namun masuknya Sadil tak banyak mengubah kreativitas serangan Indonesia.

Tingginya dash permainan pada 20 menit awal babak kedua tampak menguras energi permainan Indonesia. Alhasil pada sisa pertandingan, Thailand mampu keluar dari tekanan.

Skuad Gajah Putih justru hampir mencetak gol pada menit ke-76 setelah tembakan jarak jauh pemain bernomor punggung 8 gagal diamankan sempurna oleh penjaga gawang Teja Paku Alam. Beruntung bagi Indonesia, tendangan tersebut hanya menerpa mistar gawang.

Melihat kondisi itu, Milla mencoba menyegarkan tenaga timnya dengan memasukan Osvaldo Hay menggantikan Riko Simanjuntak dan menarik keluar Rezaldi Hehanusa yang mengalami cedera dengan memasukan Andy Setyo. Zulfiandi juga masuk menggantikan Hanif Sjahbandi.

Meskipun demikian, Indonesia masih kesulitan menembus lini belakang Thailand yang tampil disiplin pada laga itu. Hingga pertandingan berakhir, laga Indonesia vs Thailand berakhir dengan skor 0-0.

More about ...