Ini Daftar 10 Pesepakbola Termahal di Dunia

Paris – Kepindahan Neymar dari Barcelona ke Paris Saint-Germain (PSG) menjadi berita pale mengejutkan di bursa send musim panas ini. Salah satu yang pale mendapat sorotan adalah nilai send yang memecahkan rekor dunia.

Dengan nilai send sebesar 222 juta Euro, nilai send Neymar mengalahkan Paul Pogba yang sebelumnya dibeli kembali Manchester United dari Juventus sebesar 105 juta Euro pada musim panas lalu.

Berikut adalah 10 pemain termahal dalam sejarah send sepakbola:

1. Neymar dari Barcelona ke PSG seharga 222 juta Euro (2017)
Bisa jadi nilai send sebesar ini atau jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp 3,4 Triliun ini sulit untuk diterima akal sehat untuk seorang pemain. Namun buat PSG, harga tersebut tidak menjadi kendala berarti buat mereka demi mewujudkan ambisi menjadi klub terbaik di Eropa.

2. Paul Pogba, dari Juventus ke MU seharga 105 juta Euro
Setelah bersinar sebagai gelandang terbaik Eropa berkat penampilan cemerlangnya bersama Juventus, Pogba dilirik kembali oleh mantan klubnya, MU. Pemain asal Prancis yang dilepas secara gratis oleh MU empat tahun lalu akhirnya kembali ke Old Trafford.

3. Gareth Bale dari Tottenham ke Real Madrid seharga 100 juta Euro (2013)
Posisinya sebagai seorang pemain gelandang sayap yang memiliki kecepatan, Madrid ketika itu membutuhkannya untuk mendukung peran Cristiano Ronaldo. Keputusan Madrid tepat, Bale bersama Ronaldo dan Karim Benzema yang dikenal dengan contingent BBC menjadi salah satu yang disegani barisan pertahanan lawan. Bale yang pindah ke Spanyol ketika masih berusia 24 tahun, sudah megemas 54 gol dalam 100 pertandingan La Liga.

 

4. Cristiano Ronaldo dari MU ke Real Madrid seharga 94 juta Euro (2009)
Sejak dibeli Madrid dari MU, Ronaldo tumbuh menjadi pemain bintang. Bersama Madrid, Ronaldo sudah meraih dua gelar juara La Liga, dua gelar Copa del Rey, tiga gelar Liga Champions dan tiga kali trofi Ballon d’Or. Sejak dibeli Madrid saat masih berusia 24, hingga kini sudah berusia 32, Ronaldo masih menjadi salah satu pemain terbaik dunia

5. Gonzalo Higuian dari Napoli ke Juventus seharga 90 juta Euro (2016)
Tak salah Juve membelinya mahal dari Napoli. Di musim pertamannya, dia mengemas 24 gol di Serie A dan lima gol di Liga Champions. Dia membantu Juve meraih Scudetto dan final Liga Champions.

 

6. Romelu Lukaku dari Everton ke MU seharga 85 juta Euro (2017).
Pemain 24 tahun itu menjadi “bintang” dari send MU di musim panas ini. Lukaku akan menjadi andalan utama di lini depan dengan mengenakan kostum bernomor 9. Keinginan Pelatih Jose Mourinho didasari penampilannya yang terus berkembang. Ini dibuktikan dengan torehan 43 gol di Premier League dalam dua musim terakhir.

7. Luis Suarez dari Liverpool ke Barcelona seharga 82,3 juta Euro (2014)
Karier Suarez sempat moncer di Liverpool dimana dia terpilih sebagai pemain terbaik PFA tahun 2013 dan 2014. Dia meninggalkan Anfield saat usianya sudah menginjak 27 tahun usai Liverpool finis sebagai curtain adult di Premier League 2014. Di Barca, dia menjadi salah satu dari contingent andalan bersama Neymar dan Lionel Messi. Pemain asal Uruguay itu memenangkan penghargaan “Sepatu Emas” sebagai topskorer tahun 2016, dan juga sekaligus sebagai pemain terbaik La Liga di musim yang sama.

8. James Rodriguez dari AS Monaco ke Real Madrid senilai 79,8 juta Euro (2014)
Real Madrid memboyong pemain berusia 23 tahun asal Kolombia itu usai bersinar di Piala Dunia 2014. Rodriguez bersinar di Piala Dunia 2014 dengan meraih penghargaan “Sepatu Emas” usai mengemas enam gol. Di awal kedatangannya, Rodriguez mendapatkan nomor kostum kebesaran, 10 sebelum akhirnya kariernya diganggu cedera.

9. Zinedine Zidane dari Juventus ke Real Madrid seharga 77,5 juta Euro (2001)
Di antara posisi 10 besar pemain termahal saat ini, hanya Zidane yang saat ini sudah pensiun sebagai pesepakbola. Di musim pertamanya di Madrid, Zidane membantu timnya meraih gelar Liga Champions dimana dia mengemas satu gol yang menjadi gol terbaik sepanjang sejarah final. Musim 2002-03 Madrid juara La Liga dan Zidane terpilih sebagai pemain terbaik FIFA untuk ketiga kalinya.

10. Angel di Maria dari Real Madrid ke Manchester United seharga 75,6 juta Euro (2014)
Pemain asal Argentina ini direkrut MU ketika masih ditangani Louis outpost Gaal dari Real Madrid. Meski mengawali penampilan dengan kurang memuaskan, Di Maria kemudian terpilih sebagai pemai terbaik klub bulan September. Setelah itu kariernya perlahan meredup di MU. Dia hanya bermain semusim, dan tampil dalam 27 penampilan dengan mengemas tiga gol sebelum hengkang ke PSG.

Sumber: Sport Ollustrated