Ini Syarat dan Proses yang Harus Dilalui Siswa Lulus SNMPTN




Jakarta – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) mengumumkan syarat bagi calon mahasiswa yang lulus menempuh jalur SNMPTN. Pertama, PTN yang menerima si calon mahasiswa akan memverifikasi rapor dan Surat Keterangan Tanda Lulus (SKTL) asli calon mahasiswa.

“Kedua, pendaftaran ulang atau registrasi pada 16 Mei 2017,” kata Ketua Panitia Pusat SNMPTN-SMBPTN 2017, Ravik Karsidi di Gedung Kemenristek Dikti, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (26/4/2017).

Daftar siswa-siswi yang lolos SNMPTN 2017 bisa dilihat di sini.

Jika lolos verifikasi data, maka standing peserta SNMPTN yang lulus berubah menjadi calon mahasiswa yang diterima di PTN pilihannya. Ravik melanjutkan, ada catatan bagi peserta SNMPTN yang ikut module Bidikmisi (bantuan biaya pendidikan), yaitu PTN akan memverifikasi information ekonomi keluarganya.

“Bagi peserta SNMPTN yang merupakan peserta Bidikmisi, selain dilakukan verifikasi information akademik, PTN tujuan juga memverifikasi information ekonomi dan atau kunjungan ke alamat tinggal orang tua peserta untuk menentukan diterima atau tidak,” terang Ravik.

Ravik berujar, setiap PTN dapat meminta syarat registrasi yang berbeda-beda. untuk itu, peserta yang lolos SNMPTN wajib mengecek situs masing-masing PTN.

“Perlu masing-masing (peserta, red) melihat web PTN masing-masing supaya tidak ada yang terlewatkan,” tutur Ravik.

Sebanyak 101.906 orang calon mahasiswa lulus SNMPTN tahun ini. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari 517.166 siswa yang mengikuti SNMPTN.

(aud/idh)