Inovasi Lalu Lintas Meikarta Lebih Aman dan Nyaman

Liputan6.com, Jakarta Meikarta bukanlah sekadar pemukiman complicated namun juga inovatif. Bahkan jaringan jalannya memakai sistem baru yang belum ada di dunia. Tujuannya adalah mengamankan pejalan kaki dan pengemudi kendaraan dari kecelakaan.

Inovasi dirancang dengan wujud 4-layer road. Layer terbawah untuk kendaraan yang hanya numpang lewat (tanpa berhenti), dan stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung. Jalan ini juga didesain untuk melayani kendaraan kendaraan besar seperti truk dan bus.

Di atasnya khusus untuk kendaraan bermotor penghuni Meikarta dan dilengkapi dengan lahan parkir. Tujuannya untuk menjaga privasi dan sekaligus keamanan berkendara para penghuni Meikarta.

Lebih atas lagi untuk kendaraan pengunjung yang hendak memanfaatkan berbagai fasilitas di Meikarta. Maklumlah, Meikarta tak cuma sebuah pemukiman, di dalamnya terdapat berbagai falilitas yang menyenangkan seperti pusat perbelanjaan, bioskop, café, taman, danau, pusat kebugara, tempat ibadah semua agama dan sebagainya.

Layer teratas khusus untuk pejalan kaki, yang menghubungkan 278 building di Meikarta. Dengan demikian tak perlu ada trotoar di jalanan Meikarta. Maka para pengendara selain tak perlu takut akan menyerempet trotoar, pengendara kendaraan bermotor tak perlu khawatir menabrak pejalan kaki.

Secara keseluruhan, jalan-jalan di meikarta dibagun berdasarkan grid system seperti di New York. Dalam sistem ini diatur sedemikian rupa agar para pengendara bisa memilih berbagai rute untuk menuju sebuh tempat. Untuk menghindari kemacetan dan tabarakan, rute dibagi berdasarkan kecepatan tinggi, sedang, dan rendah untuk menghindari tabrakan dan kemacetan.

Jalan-jalan di Meikarta juga didesain agar para pengendara memiliki pemandangan luas agar bisa melihat situasi lalu lintas di segala arah. Mereka juga bisa lebih rileks karena lingkungan yang serba hijau. Maklumlah,Meikarta memang dibangun dengan konsep hijau.

Tujuan semua itu adalah menekan serendah mungkin angka kecelakaan. Perancang Meikarta belajar dari kenyataan bahwa kecelakaan lalu lintas kerap terjadi di lingkungan pemukiman yang menggunakan sistem konvensional.

Lalu lintas memang diperhitungkan sangat serius oleh perancang Meikarta. Sesuai dengan harapan penghuni, selain sistem yang canggih, mereka menginginkan kualitas jalan yang tinggi. Mulus dan tahan lama.

Sebagaimana telah terbukti dalam banyak kasus, banyak pembeli hunian di sebuah pemukiman baru merasa tertipu karena kualitas jalan yang buruk. Hanya mulus beberapa tahun. Setelah itu mereka harus berpatungan untuk memperbaiki jalan yang penung lobang.

Menyadari akan kenyataan tersebut, meski mahal, pengembang Meikartamemakai bahan berstandar internasional dalam membagun jalan. Di samping itu, tim pemelihara juga akan bekerja siang malam untuk menjaga kemulusan semua jalan dilingkungan Meikarta.

Penerapan teknologi canggih anti maling kendaraan juga tak terlupakan. Maklumlah, pencurian kendaraan bermotor belakangan ini makin merajalela dan nekat. Para penjahat tak segan menggunakan kekerasan untuk merampas mobil atau menghadapi kejaran petugas keamanan. Di Meikarta, mereka tak akan berkutik.

 

(*)

More about ...

  • Meikarta Mencoba Lebih Maju Dari Tuntuan JamanMeikarta Mencoba Lebih Maju Dari Tuntuan Jaman TRIBUNNEWS.COM - Menjadi yang terbaik adalah kunci sukses bagi pengembang di Bekasi dan Karawang. Ini karena kedua kawasan tersebut akan terus berkembang dengan cepat dan […]
  • Meikarta Ingin Lebih Maju dari Tuntutan ZamanMeikarta Ingin Lebih Maju dari Tuntutan Zaman Liputan6.com, Jakarta Menjadi yang terbaik adalah kunci sukses bagi pengembang di Bekasi dan Karawang. Karenanya, kedua kawasan tersebut pun akan terus berkembang dengan cepat dan […]
  • Anak Tumbuh Cerdas di MeikartaAnak Tumbuh Cerdas di Meikarta Liputan6.com, Jakarta Bagi penghuni Meikarta, masalah pendidikan tak akan menjadi persoalan. Para orangtua tak akan kesulitan mencari pendidikan terbaik bagi anak-anaknya di […]