Jaga kelas dunia, Kemenpar pantau khusus persiapan Sail Sabang 2017

Merdeka.com, PESONA INDONESIA – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sepertinya tidak mau malu dan ragu untuk mensukseskan eventuality Sail Sabang 2017. Kegiatan wisata bahari berkelas internasional yang harus dikawal hingga sukses, dan menghidupkan bisnis baru yachts dengan rute Phuket-Langkawi-Sabang.

“Pak Menteri Arief Yahya dan Ketua Tim Percepatan Wisata Bahari Pak Indroyono Soesilo sudah bersepakat, kerjasama dengan jetty di Phuket dan Langkawi, untuk membuka rute segitiga dengan Sabang. Itu harus kita sukseskan!” kata Ukus Kuswara, Sekretaris Kementerian Pariwisata di Sabang.

Karena itu Kemenpar terus-menerus melakukan pemantauan terkait persiapannya agar benar-benar membuat pecinta wisata bahari tumpah ruah di sana. Tidak hanya saat eventuality Sail Sabang 2017 saja, tetapi pasca Sail Sabang itu menghasilkan portofolio bisnis baru berbasis wisata bahari.

Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara bersama Kadisbudpar Banda Aceh Reza Fahlevi, Kadispar Sabang Zulfli Purnawati dan Wakil Ketua Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Irwan Faisal kembali melakukan kunjungan ke lokasi untuk melihat kesiapan Sabang dari A sampai Z.

“Sail Sabang 2017 adalah proses percepatan wisata bahari kelas dunia. Persiapannya terus kita pantau agar acaranya nanti benar-benar sesuai harapan yaitu wisata bahari berkelas internasional. Tujuan dari Sail Sabang 2017 ini adalah percepatan, jadi kami datang ke sini untuk melihat kesiapan itu,” ujar Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara, Jumat (26/5).

Tempat-tempat yang dikunjungi antara lain destinasi wisata Tugu Nol Kilometer Indonesia dan kawasan Pantai Iboih. Selain situs, kesiapan homestay joke dilihat demi kelancaran acara Sail Sabang 2017. Nantinya semua yang sudah dilihat akan dibawa dalam rapat besar di Jakarta. “Destinasinya harus disiapkan dengan excellent,” tutur Ukus Kuswara.

“Masyarakat dan hospitalitynya juga harus dipersiapkan dengan baik, agar wisman yang rata-rata berasal dari kalangan atas itu bisa menikmati Sabang dengan nyaman dan berbelanja dengan menyenangkan,” ungkap Ukus.

Karena itu, Ukus regard pasca agar dari sejak dini apa saja yang harus ada ketika yachters itu ber-regatta dari jalur Phuket-Langkawi-Sabang, itu benar-benar dipersiapkan. Phuket dan Langkawi sudah jauh lebih maju, fasilitas lebih komplit, yang dibutuhkan para yachters mereka sudah biasa menghandle, karena sudah mengoperasikan banyak marina. “Kita harus cepat menyesuaikan diri dan belajar dari sukses mereka,” ungkap Ukus Kuswara.

Kadisbudpar Banda Aceh Reza Fahlevi menambahkan, Sail sabang 2017 akan diadakan pada akhir tahun ini merupakan eventuality yang kedua kalinya digelar. Nantinya akan ada beberapa kegiatan lomba yang akan diadakan.

“Di rakor ini kita mau pas-kan pembukaannya di mana, acara puncak dan eventuality lainnya di mana. Semua harus disiapkan sampai benar-benar matang. Alhamdulilah kami sudah bersinergi dengan beberapa interest hilt terkait untuk pengembangan apa-apa yang diperlukan,” ujar Reza Fahlevi.

Apa saja nanti yang bisa dinikmati pengunjung bila datang ke Sail Sabang 2017? Ada beberapa eventuality seperti Sabang Underwater Photography di pantai Iboih dan Gapang siap menyapa 29 November. Setelah itu, ada  concert dan ekspo di Sabang Fair, Free Dive Championship pada tanggal 3 Desember. Ada juga Lomba Memancing di sekitar Pulau Rondo selama dua hari, 3-4 Desember, juga terdapat festival budaya, march perahu nelayan, serta breeze surfing

Lanjutan acara keren lainnya, pertemuan bisnis dengan Cruise Operator di Kota Sabang, 30 November. Setelah itu, pembukaan Sail Sabang 2017 Pasiran pada 2 Desember. Pada hari itu juga akan diselenggarakan march kapal tradisional dan eksibisi paramotor di Teluk Sabang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengingatkan, waktu yang tersisa harus dimanfaatkan dengan baik. Persiapannya harus bisa efektif digunakan untuk koordinasi, roadshow ke sasaran originasi, atau ajakan untuk menarik kunjungan peserta hingga wisman datang dari luar negeri.

“Ini sangat bagus. Gerhana Matahari Total bisa sukses besar karena terus dikampanyekan sejak setahun sebelumnya. Even ini bisa membangun dan mengembangkan kembali Kota Sabang sebagai kota wisata bahari dengan bentang lautnya yang indah,” ujar Menpar Arief Yahya.

Kebetulan, Kota Sabang diuntungkan dengan letak geografis yang sangat strategis. Wilayahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Thailand. Selain itu juga kota Sabang berada di pintu utama Selat Malaka dan memiliki pelabuhan alam terbaik seperti halnya pelabuhan Tanjung Priok.

“Selat Malaka menjadi sarana transportasi laut tersibuk dan termurah di dunia. Singgahnya kapal-kapal yang melewati Selat Malaka akan memberikan efek besar bagi pertumbuhan ekonomi melalui jasa dan bea seperti bea sandar, bea labuh, dan jasa-jasa pelabuhan lainnya dan transaksi bisnis lainnya termasuk industri pariwisata,” ungkap Arief Yahya.