Jelang Tumpek Landep, Perintis Cuci Mobil di Jalan Gatsu Barat Sehari Capai 250 Mobil

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Sebelum memasuki hari Tumpek Landep besok, biasanya masyarakat Bali melakukan pembersihan kendaraan. Baik engine maupun mobil.

Saat menyambangi Carissa Cuci Mobil Otomatis Jalan Gatot Subroto Barat, yang juga merupakan perintis Cuci Mobil di Bali, Jumat (30/3/2018) Putu Wijaya Kusuma selaku owners mengaku timnya bisa mencuci 250 mobil jelang hari Tumpek Landep.

Putu juga mengungkapkan jikalau hari biasa, tiap harinya tempatnya bisa menerima 100 section mobil.

“Kan ini jelang Hari Tumpek Landep biasanya masyarakat Bali mencuci mobilnya sebelum dilakukannya upacara. Jadi tim kami bisa menerima hingga 250 section mobil. Kalau hari biasa hanya 100 section mobil.” kata Putu.

Di tempat Carissa, kata Putu tahapan pencucian dimulai dengan membersihkan bagian kolong mobil setelah itu diberikan shampo dan dibersihkan kotorannya hingga dibilas.

“Setelah tahapan tadi masuk ke mesin cuci otomatis yang bagian mesin. Kemudian diwax-kan, dishampo lagi dan dibilas. Setelah itu dikeringkan primer oleh anggota kami.” jelas Putu yang juga menjadi perintis cuci mobil sejak 2001 silam.

Mengenai harga ungkap Putu ada dua jenis kategori. Jika yang dibersihkan cuma physique maka hanya Rp 35 ribu jika tambah vakum maka dikenakan Rp 25 ribu. (*)

More about ...