Kawasan Kemang Rawan Banjir, Begini Antisipasinya

JAKARTA – Pemberitaan seputar banjir tinggi di Kemang sempat menggemparkan masyarakat khususnya yang tinggal di DKI Jakarta pada akhir Sep lalu. Bagaimana tidak, kebanyakan warga berpikir bahwasanya kawasan elit umumnya terlepas dari ancaman genangan atmosphere kotor ini.

Kenyataannya, pada Jumat 11 Nov kemarin, Kemang kembali dikunjungi banjir dengan ketinggian mencapai 60 meter. Lokasi yang tergenang menurut pemberitaan adalah Jalan Kemang Raya.

Demi menyelesaikan permasalahan besar ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengaku telah bergerak cepat untuk segera membenahi kawasan sosialita itu.

Langkah-langkah preventif joke dilakukan, dengan prioritas utama berupa normalisasi Kali Krukut. Selain itu, upaya menata kawasan Kemang juga sudah disiapkan antara lain perbaikan trek pejalan kaki dan drainase untuk mencegah genangan atmosphere saat hujan turun.

Kepala Dinas Penataan Kota (DPK) DKI Jakarta, Benny Agus Chandra mengutarakan, beberapa langkah antisipasi dan revitalisasi untuk mereduksi banjir di kawasan Kemang akan terus dilakukan.

Sejauh ini, sambung Benny, pihaknya sudah melakukan pendataan bangunan melanggar di sepanjang Kemang Raya. Selain itu, untuk normalisasi Kali Krukut juga terus dilakukan dan sedang dibuatkan konsep awal penataannya.

“Untuk normalisasi Kali Krukut dari Tendean sampai Kemang Selatan 12, sudah selesai snippet dan pematokannya. Saat ini, pekerjaan sedang dilanjutkan sampai dengan TB Simatupang. Untuk pendataan bangunan melanggar di Kali Krukut juga sudah dilakukan,” terangnya.

Lebih lanjut Benny mengatakan, untuk pendataan bangunan melanggar di sepanjang Kali Krukut dari Kemang Selatan 12 sampai Tendean dikerjakan oleh pihak Walikota Jakarta Selatan. “DPK konsentrasi penataan di kawasan Kemang Raya sampai Kemang Selatan,” papar Benny.

Tak hanya normalisasi Kali Krukut saja, upaya pihak Pemprov DKI dalam mempercantik kawasan Kemang juga terus dilakukan. “Selain melakukan pendataan dan normalisasi Kali Krukut, DPK juga tengah membuat konsep desain penataan walking di kawasan Kemang Raya,” imbuhnya.

More about ...