Klasemen Kualifikasi Euro 2020 & Daftar Tim Lolos per 16 Oktober

tirto.id – Total 6 tim sudah memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2020 pada Rabu (16/10/2019). Belgia, Rusia, Polandia, dan Spanyol mengamankan tiket meski belum pasti keluar sebagai juara atau runner-up grup di kualifikasi Piala Eropa 2020. Sementara itu, Italia dan Ukraina tampil menjadi juara grup.

Spanyol memang hanya bisa mengamankan satu angka dalam laga tandang kontra Swedia pada Rabu (16/10/2019) di Friends Arena, Solna. Bahkan, La Roja sempat tertinggal hingga menit terakhir, sebelum penyerang pengganti, Rodrigo, menyamakan kedudukan pada menit ke-90.

Namun, tambahan poin di markas Swedia sudah cukup untuk Spanyol untuk tak terkejar di Grup F. La Roja mengoleksi 20 angka dalam 8 pertandingan, hasil 6 kemenangan dan 2 seri. Nilai mereka tidak mungkin disamai oleh peringkat ketiga, Rumania, yang hingga laga kedelapan baru memiliki 14 poin.

Usai pertandingan, pelatih Spanyol, Robert Moreno menyebut, lolos ke putaran final memang kewajiban untuk tim seperti La Roja. Namun, ia memberikan kredit khusus kepada para penggawa Spanyol, yang memiliki kekuatan merata sehingga ia mudah melakukan rotasi pemain.

“Saya bahagia dengan kelompok ini, bahwa saya memiliki banyak pemain yang demikian bagus sehingga bisa membuat saya melakukan sekian perubahan. Adalah kewajiban untuk lolos (bagi Spanyol), hal itulah yang membuat kita tidak terlalu menghargai hasil ini,” kata Robert Moreno dikutip Marca.

Sebagai catatan, hanya juara dan runner-up grup kualifikasi Euro 2020 yang otomatis lolos ke putaran final. Dengan demikian, ada 20 dari 24 sum tiket Piala Eropa yang diperebutkan di babak kualifikasi ini. Selebihnya, 4 tiket terakhir akan ditentukan dari 16 tim yang mendapatkan peringkat istimewa di Liga Negara Eropa.

Bukan cuma Spanyol yang sudah bisa menghela napas lega jelang Euro 2020. Italia, juara Piala Eropa 1968, bahkan lebih dahulu tenang daripada La Roja. Gli Azzurri menjadi juara Grup J dengan catatan manis. Pasalnya, pasukan Roberto Mancini selalu menang dalam 8 pertandingan di grup tersebut. Total 24 poin mereka jauh di atas Finlandia (15 angka) sang runner-up, atau Armenia dan Bosnia-Herzegovina (13 poin).

Dilema justru dirasakan oleh Portugal, juara Euro 2016. Selecao sementara tersendat di Grup B. Mereka tidak mungkin lagi menjadi juara grup, setelah ditaklukkan oleh Ukraina 2-1 pada Selasa (15/10) lalu. Selain menyaksikan Ukraina yang memastikan tiket ke putaran final, kini Cristiano Ronaldo dalam ancaman gagal menembus babak utama.

Portugal saat ini memiliki 11 angka dari 6 pertandingan. Jumlah itu hanya berbeda satu poin dari Serbia (10 angka) di peringkat kedua. Mengingat tinggal empat pertandingan lagi yang tersisa, kerja keras dibutuhkan oleh pasukan Fernando Santos, termasuk dalam laga berikutnya, 15 Nov 2019 kontra Lithuania.

Daftar tim lolos kualifikasi Euro 2020 hingga Rabu (16/10/2019).

Belgia (juara/runner-up Grup I)*
Italia (juara Grup J)
Rusia (juara/runner-up Grup I)*
Polandia (juara/runner-up Grup G)*
Ukraina (juara Grup B)
Spanyol (juara/runner-up Grup F)*
*belum pasti menjadi juara/runner-up grup

Klasemen Kualifikasi Euro 2020 hingga Rabu (16/10/2019).

Grup A

Grup B

Grup C

Grup D

Grup E

Grup F

Grup G

Grup H

Grup I

Grup J

More about ...