Korban Penipuan Lowongan Kerja TKI Kembali Jatuh Korban, Ini Solusi BNP2TKI

JAKARTA, SiaranIndonesia.com – Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) kembali diterpa isu negatif terkait adanya masyarakat jadi korban penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan BNP2TKI. Kasus ini diketahui pihak BNP2TKI ketika salah satu korban penipuan mempostingkan tulisan terkait penipuan atas dirinya di media sosial (Facebook) beserta dengan foto bukti send sejumlah uang kepada pihak pelaku. Terlihat dalam foto ada 3 (tiga) lembar bukti transfer, berarti telah melakukan send lebih dari sekali dengan jumlah yang cukup banyak. Berdasarkan bukti transfer, uang korban yang telah ditransfer  sebanyak  11.250.000 Rupiah.

Aksi penipuan yang mengatasanamakan BNP2TKI dalam tindak penipuan dilakukannya melalui situs “Rahasia Sukses Jadi TKI” (http://rahasiasuksesjaditki.blogspot.co.id). Dalam situs tersebut, pelaku penipuan mempromosikan kepada siapa saja yang berminat mendaftar untuk menjadi TKI di luar negeri cukup membayar sejumlah uang, sehingga gampang dan langsung memperoleh pekerjaan di negara yang ingin didatangi.

Hal yang sama juga terjadi penipuan melalui iklan dengan menggunakan trademark BNP2TKI. Di iklan tersebut menyajikan tulisan “Pusat Info Kerja Luar Negeri dengan Negara Tujuan Singapura – Hongkong – Taiwan – Malaysia – Brunei, Sistem Gratis Potong Gaji dan Dapat Uang Saku”. Dalam iklan tersebut juga dilengkapi dengan nomor kontak yang bisa dihubungi. Lagi-lagi, modus penipuan menyebar dengan cepat di tengah masyarakat. Nama lembaga negara yang mengurus khusus TKI ini joke dicatut lengkap dalam iklan mereka.

Berdasarkan ragam informasi penipuan yang dilaporkan masyarakat melalui media sosial yang mengatasnamakan BNP2TKI, dengan cepat BNP2TKI memberikan keterangan apabila hal itu tidak benar. Bahkan, Lebih dari itu, BNP2TKI menghimbau dengan keras kepada masyarakat, bahwa jangan mudah percaya dengan segala macam iklan, atau hal apapun yang menjadi penyalur dan penyedia kerja di luar negeri. Penipuan selalu hadir dengan berbagai cara dan menjadi momok ditengah masyarakat.

Ditegaskan oleh Sekretaris Utama BNP2TKI Hermono, agar masyarakat jangan mudah percaya jika ada informasi terkait lowongan kerja di luar negeri sebelum melakukan cek langsung di BNP2TKI. Terlebih, diungkapkan, sudah tidak sedikit korban penipuan yang mengatasnamakan BNP2TKI

“Masyarakat diharapkan jangan mudah percaya dan tertipu. BNP2TKI tidak mengeluarkan iklan dengan iming-iming uang atau biaya lainnya dan sebagainya. Ini jelas-jelas penipuan,” tegasnya, saat dimintai keterangan terkait adanya informasi penipuan ini, di ruangan kerjanya, kantor BNP2TKI, Jakarta, Senin (18/9/2017).

Hermono menambahkan, jika masyarakat ingin mengetahui informasi yang akurat dan terpercaya terkait adanya lowongan kerja dan sebagainya di luar negeri agar mengunjungi website resmi BNP2TKI di www.bnp2tki.go.id. Diungkapkan, dalam situs resmi BNP2TKI semua informasi tersaji lengkap dan mudah diakses.

“Jika masyarakat mendapati adanya penipuan serupa, segera mengecek website resmi BNP2TKI untuk melihat kebenaran informasi dan juga dalam website tertera nomor kontak BNP2TKI untuk menanyakan kebenaran informasi yang diterima. Layanan telepon user juga gratis,” pungkasnya.

More about ...