Kunjungan Kampus, Siswa Sekolah Islam Athirah ke Unhas

 

MAKASSAR – Sebelum masuk ke perguruan tinggi, siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) perlu mendapat informasi terkait tahapan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Selain itu, siswa perlu memperoleh informasi atmosfir perkuliahan dan strategi memilih jurusan. Dalam menentukan pilihan jurusan dan kampus, laiknya didasarkan pada bakat dan minat, inteligensia, biaya yang dimiliki, dan prospek masa depan jurusan itu sendiri.

Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga Abdul Azis SPd mengatakan, Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga menjadikan Universitas Hasanuddin sebagai sebagai salah satu referensi kunjungan kampus.

“Kami datang ke Universitas Hasanuddin sebagai salah kampus terbaik di Indonesia. Tujuannya agas siswa kami mendapat informasi cara mendaftar menjadi calon mahasiswa baru Universitas Hasanuddin,” tutur Azis saat diterima pimpinan Biro Administrasi Akademik Universitas Hasanuddin di Aula Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan (LKPP) Universitas Hasanuddin, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (1/11/2017).

Pada kesempatan tersebut, guru dan siswa Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga diterima Kabiro Admiistrasi Akademik Universitas Hasanuddin Ernawati Rifai SE MSi dan Ketua tim penerimaan mahasiswa baru Dr Yusafir Hala MSi. Turut hadir wakasek kurikulum Sekolah Islam Athirah Bakry PhD dan guru Matematika Abdillah SPd. Sekitar 159 siswa Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga hadir dalam kunjungan. Rinciannya, 86 siswa kelas XI dan 73 siswa kelas XII.

Usai menerima materi tahapan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), siswa Athirah mengunjungi Fakultas Hukum. Sebagian lainnya berkunjung ke Fakultas Kedokteran. Di Laboratorium Moot Court Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, rombongan diterima Dekan Fakultas Hukum Prof Dr Farida Patittingi SH Mhum dan Pembantu Dekan II Fakultas Hukum Dr Syamsuddin Muchtar SH MH.

Dekan Fakultas Hukum Prof Dr Farida Patittingi SH Mhum mengenalkan lebih jauh terkait module Fakultas Hukum kepada siswa Athirah. “Dinamika kemahasiswaan di Fakultas Hukum sangat baik. Karena ada pengembangan soothing ability dan tough skill. Buktinya rata-rata IPK mahasiswa cum laude,” kata Prof Farida.

Menurut Prof Farida, seleksi mahasiswa baru Fakultas Hukum sangat ketat. Karena itu, perlu mempersiapkan diri sejak awal. “Dari 7000-an pendaftar, mahasiwa yang diterima hanya 502 orang. Tidak sampai 9 persen,” ujarnya.

Ia mengatakan, Indonesia tidak bisa mewujudkan keadilan jika hakim tidak memiliki nilai-nilai kejujuran dan integritas yang bagus. “Nilai-nilai dasar dalam borang akreditasi Fakultas Hukum adalah lempu yang artinya jujur, getteng artinya teguh pendirian atau tidak mudah berubah pendirian karena dolar, warani artinya keberanian bersikap, dan macca yang artinya cerdas,” sebut Prof Farida.

Di akhir pertemuan, Guru Sekolah Islam Athirah Abdul Azis SPd memberikan cinderamata kepada Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Prof Dr Farida Patittingi SH MHum. Setelah berkunjung ke Universitas Hasanuddin, siswa Sekolah Islam Athirah Bukti Baruga berkunjung ke Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP). [*/shar]

Kunjungan Kampus, Siswa Sekolah Islam Athirah ke Unhas
Siswa kelas XI dan XII Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga berkunjung ke Universitas Hasanuddin, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (1/11/2017). Kunjungan dilakukan untuk mengetahui tahapan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

 

More about ...