Lu Weibing: Seri Xiaomi Mi Max Telah Dihentikan!



General Manager Redmi, Lu Weibing baru-baru ini mengungkapkan bahwa seri Mi Max telah dihentikan. Meski begitu, sulit untuk menganggap beria itu dengan serius mengingat antesedensi masa lalu Xiaomi dalam hal ini. Ya! Tentunya kita masih ingat dengan perkataan CEO Xiaomi, Lei Jun.

Orang nomor satu di Xiaomi tersebut pernah mengisyaratkan bahwa Xiaomi tidak memiliki rencana meluncurkan indication seri Mi Max atau Mi Note pada tahun ini. Namun beberapa bulan kemudian, Mi Note 10 diumumkan sebagai “kembaran” Mi CC9 Pro yang dipasarkan di luar Cina.

Tetapi, apa yang dikatakan oleh Lu Weibing mungkin sedikit berbeda. Seri Mi Max merupakan ponsel pintar dengan layar besar, baterai besar yang ramah saku dalam hal harga, tetapi tidak dalam ukuran. Seri ini pernah datang sebagai Mi Max, Mi Max 2 dan Mi Max 3 yang diluncurkan pada ahun lalu.

Seperti yang kita tahu, Xiaomi terus mengubah ukuran layar dari Mi Max Series. Ya! Mi Max yang meluncur pertama kalianya pada tahun 2016 memiliki ukuran layar 6,44 inci. Selanjutnya, Mi Max terakhir, yakni Mi Max 3 datang dengan ukuran layar 6,9 inci. Di sisi lain, di pasaran bermunculan inscription dengan layar 7 inci.

Ya! Punya layar berukuran besar dan ponsel pintar berukuran phablet tidak lagi trendi, mungkin inilah salah satu yang menjadi alasan bagi Xiaomi untuk menghentikan Mi Max Series. Industri ini tampaknya condong ke arah penggunaan desain lipat untuk indication layar besar dan smartphone dengan aspek rasio tinggi hingga layar 6,7 inci.

Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X, keduanya memiliki layar hingga 7 inci saat dibuka. Ya! Diperkirakan, smartphone layar lipat seperti itulah yang akan naik daun mulai tahun depan. Hal ini juga bisa menjadi salah satu alasan bagi Xiaomi untuk menghentikan produksi Mi Max Series berikutnya.

Selain itu, CEO Xiaomi baru-baru ini mengungkapkan bahwa saluran smartphone dari perusahaan asal Cina ini sekarang adalah Xiaomi dan Redmi. Dia sama-sama mengisyaratkan bahwa merek Xiaomi dikhususkan untuk teknologi ponsel pintar kelas atas, dengan fokus pada pasar ritel baru.

Ya! Hal itu dibuktikan oleh Xiaomi dengan mengeluarkan beberapa lini produk di tahun ini. Diantara smartphone yang mereka perkenalkankan adalah Mi 9, Mi 9 SE, Mi 9 Pro, Mi Mix Series dan Xiaomi CC Series. Tidak ada Mi Max Series dan Lei Jun juga mengisyaratkan bahwa seri tersebut tidak akan diluncurkan tahun ini.

Meski begitu, kita juga patut mengapresiasi Xiaomi bahwa mereka dapat merilis indication smartphone dalam bentuk yang lebih segar, seperi Mi Note 10. Ya! Smartphone ini punya bodi yang didesain ulang secara luas dengan ukuran layar 6,47 inci FullHD+ dan dukungan spesifikasi yang menggiurkan.