MA Sunanul Huda Ajarkan Ilmu Falak

SUKABUMI – Madrasah Aliyah (MA) Sunanul Huda Sukabumi menerapkan mata pelajaran Ilmu Falak kepada para pelajarnya.

Ilmu tersebut sangat besar konstribusinya, terhadap pelaksanaan tugas-tugas keagamaan dalam Islam. Sebab dengan ilmu ini, penentuan waktu-waktu salat dapat ditentukan dengan akurat. Begitu pula halnya dengan penentuan arah kiblat.

Kepala MA Sunanul Huda, Iyan Mahpudin menegaskan, di Yayasan Sunanul Huda ini khususnya madrasah aliyah, para pelajar tidak hanya unggul di bidang prestasi, tetapi juga menerapkan mata pelajaran Ilmu Falak atau Ilmu Hisab.

”Ini ilmu yang langka. Kalau bukan kita yang mempelajari, siapa lagi,” tegas Iyan yang ditemui Radar Sukabumi di ruang kerjanya.

Ilmu Falak sendiri merupakan ilmu yang mempelajari peredaran atau lintasan benda-benda langit seperti bumi, bulan dan matahari pada orbitnya masing-masing, dalam kaitannya dengan ibadah.

Dengan tujuan untuk diketahui posisi benda langit tersebut antara satu dengan lainnya, agar dapat diketahui waktu-waktu di permukaan bumi. Oleh karena itu, lanjut Iyan, ilmu tersebut sangatlah penting untuk dipelajari sedini mungkin.

“Setiap madrasah pasti punya visi dan misi yang hendak dicapai setiap tahunnya. Inovasi dalam pembelajaran ini sangat penting untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif, sehingga pelajar betah berada lama di madrasah,” tutur Iyan.

Sesuai dengan visinya yaitu terwujudnya madrasah yang unggul,kompetitif yang berwawasan ilmu amaliah dan beramal ilmiah, MA Sunanul Huda yang terletak di Jalan Cikaroya, Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi itu memiliki dua Program Studi (Prodi) yaitu IPA dan IPS. Pelajarnya sangat banyak, jumlahnya mencapai 640 pelajar.

Menurutnya, mata pelajaran Ilmu Falak jarang ditemukan di sekolah atau MA lain.
“MA Sunanul Huda adalah sekolah pertama yang menerapkan mata pelajaran Ilmu Falak, di wilayah Sukabumi,” terangnya.

Dalam Ilmu Falak, anak juga belajar teori tentang menghitung hisab rukyat, penentuan arah kiblat, waktu salat, awal puasa Ramadan, gerhana bulan dan matahari serta penentuan awal bulan bulan hijriyah.

“Selama ini banyak orang beranggapan bahwa mempelajari Ilmu Falak sangat sulit, sehingga minat orang untuk mempelajarinya menjadi sangat minim. Padahal Ilmu Falak ini cukup mudah,” ulasnya.

Dalam praktiknya, para pelajar MA Sunanul Huda mendapat bimbingan Ilmu Falak dari KH Muhammad Anshori Fudholi.

“Mata pelajaran Ilmu Falak kami laksanakan setiap satu bulan sekali, diikuti pelajar Kelas XI dan XII,” bebernya.
Seluruh pelajar diberikan teori-teori terlebih dahulu, kemudian diberikan gambaran awal, evaluasi dan praktik.
“Untuk praktik langsung dipusatkan di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi,” tandasnya.

 

(cr4/t)

More about ...