Mampukah Barito Putera Patahkan ‘Rekor Aneh’ Lawan Bhayangkara FC?

KALAMANTHANA, Banjarmasin – Jarang ini terjadi. Tapi, ini berlaku pada setiap pertemuan Barito Putera dan Bhayangkara FC sejauh ini. Belum satu joke tuan rumah mampu memetik kemenangan. Adakah Laskar Antasari akan mematahkan tradisi itu, Minggu (15/10/2017) ini?

Barito Putera memang akan menjamu Bhayangkara FC pada lanjutan Kompetisi Liga 1 di Stadion 17 Mei, Banjarmasin. Angka penuh menjadi incaran tuan rumah untuk memenuhi aim melaju ke peringkat 5 besar di akhir musim.

Jika mampu mengalahkan Bhayangkara FC, maka inilah kemenangan kandang pertama Laskar Antasari terhadap pasukan polisi itu. Sekaligus menjadikan Barito Putera sebagai satu-satunya klub yang dua kali mengalahkan kandidat kuat juara Liga 1 musim ini tersebut.

Pertemuan kedua kubu memang dilatarbelakangi rekor pertemuan yang rada aneh. Baik Barito Putera maupun Bhayangkara FC sama-sama belum pernah membukukan kemenangan tandang dalam pertemuan di antara keduanya.

Musim ini, kedua tim pernah bertemu di Stadion Patriot, Bekasi, pada 4 Juli 2017 lalu. Saat itu, dalam standing underdog, Barito Putera malah mampu memetik kemenangan 1-0. Gol tunggal Matias Cordoba di menit ke-14 bersarang di gawang Awan Setho Raharjo.

Bhayangkara FC boleh saja beralasan kekalahan itu karena mereka tak diperkuat dua pemain kuncinya, Evan Dimas dan we Putu Gede yang dipanggil masuk tim nasional U-22. Tapi, pada saat bersamaan, Barito Putera joke tak diperkuat Hansamu Yama Pranata, bintang Laskar Antasari di jantung pertahanan.

Sebelumnya, pada laga Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016, dalam standing sebagai tuan rumah, Bhayangkara FC juga gagal menaklukkan Barito Putera. Kedua kubu bermain imbang 1-1. Adam Setyano menyamakan kedudukan di menit ke-57 setelah Bhayangkara sempat unggul lebih dulu lewat gol Ilham Udin Armaiyn saat pertandingan baru jalan 14 menit.

Ironisnya, dalam standing laga kandang pula, di ISC 2016 itu Barito Putera pernah kalah 1-2 dari Bhayangkara FC. Pada pertandingan yang berlangsung 30 Apr 2016 itu, Ibrahim Conteh sempat membuat Barito Putera unggul melalui golnya di menit ke-17. Tapi, dua menit kemudian Otavio menyamakan kedudukan dan Rudi Widodo mencetak gol penentu kemenangan di menit ke-80.

Bagaimana dengan laga kali ini? Jika mampu mengalahkan Bhayangkara FC, Barito Putera akan memutus mata rantai tak pernah menang di kandang menghadapi klub polisi itu. Tapi, jika seri atau kalah lagi, maka rekor aneh akan terus berlanjut. (ik)

Tags: , ,

More about ...