Masih 15 Tahun, Zamzam Berhasil Lolos SNMPTN


JAKARTA – Di usianya yang masih sangat belia, Chaq El Chaq Zamzam Multazam telah berhasil menorehkan prestasi. Pasalnya, Zamzam yang masih berusia 15 tahun itu sudah diterima di Program Studi S-1 Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Airlangga (Unair).

Zamzam akhirnya diterima di Unair melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Sejak kecil, Zamzam memang kerap menimba prestasi. Bahkan di saat masih duduk di bangku taman kanak-kanak, dirinya berhasil menjuarai bercerita tentang pengalaman pribadinya.

Selain itu, dia juga pernah mewakili Indonesia dalam olimpiade matematika yang kala itu diselenggarakan di Filipina. Tidak hanya itu, Zamzam juga aktif mengikuti ekstrakurikuler karya ilmiah remaja. Hingga karya ilmiahnya berhasil diapresiasi oleh Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia karena memiliki gagasan yang unik dalam penyakit TBC.

“Saat itu saya sering konsultasi dengan bapak. TBC merupakan penyakit menular tiap tahun bertambah terus. Dari kesukaan saya terhadap pelajaran Matematika, saya berusaha menjawab permasalahan itu,” ungkapnya seperti dinukil dari laman Unair.

Remaja yang lahir pada 2 Oktober 2001 ini memang bercita-cita menjadi seorang dokter. Baginya peran kedua orangtuanya sangatlah besar.

“Peran orangtua sangat besar. Ibu membacakan Surat Yasin saat saya mengikuti tes seleksi. Apa yang saya capai tidak lepas dari doa kedua orangtua saya,” ucapnya.

Baginya kunci untuk bisa sukses adalah dengan belajar dan berdoa. Demikian seperti yang disampaikan oleh sang ayah, Suadi Rachman. “Tidak boleh takut dan tidak boleh malu jadi orang desa. Selalu percaya diri dan menjaga semangat,” tambahnya.(afr)

More about ...