Meikarta Berhias Jalanan Lebar.


Prospektifnya Bisnis MICE

Prospektifnya Bisnis MICE.

INFO NASIONAL – Salah satu momok kota besar adalah kemacetan lalu lintas. Kemacetan lalu lintas telah membuat ekonomi jadi tak efisien. Tengok saja Jakarta. Akibat macet, nilai bahan bakar kendaraan bermotor menguap Rp 17 triliun dalam setahun. Belum kerugian lain seperti polusi, masalah kesehatan dan sebagainya amat membebani perekonomian.

Selain material, kemacetan juga menyebabkan orang jadi stress. Karena bila setiap hari mereka harus berkegiatan dengan melintas di jalan raya, sementara  kemacetan membuat mobil bisa stagnan sampai berjam-jam bahkan engine joke tak mampu bergerak. Seperti di persimpangan, perempatan  dan ketika jam berangkat atau pulang kantor.

Kalau sudah begitu, banyak warga Jakarta yang mencari alternatif  lain untuk tinggal di luar kota.  Tapi, untuk mencari tempat tinggal baru di luar kota juga bukan hal yang mudah. Banyak area baru atau perumahan yang dibangun namun tidak didukung oleh infrastruksur yang memadai. Kalaupun ada jalan, terkadang sempit sehingga tetap saja menghadirkan kemacetan. Untuk menghindari hal tersebut, kota baru Meikarta Cikarang dibangun dengan konsep berbeda.

Lippo Group  membangun infrastruktur transportasi Meikarta tidak tanggung-tanggung.  Jalan dibuat dengan ‘4 layers of awake inner highway network‘. Jalur jalannya dibuat bertingkat sehingga kendaraan bisa bebas bergerak ke arah yang dituju tanpa harus terhalang kemacetan. Jalan yang dibuat juga lebar  dengan  memiliki right of approach (ROW)  6 line (30 meter), 8 line (48 meter) dan 10 line (60 meter). Dengan lebar jalan yang demikian panjang  memudahkan pergerakan kendaraan saat berpapasan atau ketika berputar.

Apalagi pihak pengembang juga akan meniru tata kota sistem grid ala New York.  Sistem inilah yang membuat lalu lintas inner Meikarta bakal lancar. Sistem ini memungkinkan semua tujuan bisa dicapai lewat berbagai rute sesuai dengan kondisi lalu lintas yang ada. Meikarta akan memiliki jalan-jalan  utama, yang di New York yang terkenal dengan sebutan  avenue, ini jalan  dua arah. Di sekitar entrance ada pusat perbelanjaan dan jajan, serta berbagai kegiatan bisnis lainnya. 

Lebar jalan sebuah kota dengan aturan yang dibuat sedemikian rupa, akan menjadikan penghuni yang tinggal menjadi mudah melakukan pergerakan. Kelancaran ini tentunya juga berpengaruh pada masalah ekonomi.    Banyaknya fasilitas yang disiapkan seperti pusat perbelanjaan, sekolah, kantor, gedung kesenian dan yang lainnya, dimana  semua bisa dicapai dengan mudah karena lancarnya lalu lintas.  Ini juga  membuat waktu pulang ke rumah jadi lebih cepat, sehingga  lebih banyak waktu untuk membahagiakan keluarga, bersosialisasi dengan sesama warga, dan lebih bugar. Hidup penghuninya joke diharapkan makin berkualitas karena tidak dihadapkan dengan macet yang menggila.(*)



More about ...