Meikarta Dorong Pertumbuhan Ekonomi Koridor Timur Jakarta

KompasProperti – Pemerintah terus melakukan pembangunan masif infrastruktur di koridor timur Jakarta. Hal itu tak lepas dari posisi strategis koridor timur Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional.

Salah satu keterlibatan aktif itu dilakukan Lippo melalui rencana pembangunan kota baru, yaitu Meikarta. James berharap Meikarta akan semakin melengkapi pembangunan infrastruktur masif koridor timur Jakarta untuk memperkuat posisi koridor ini di kancah nasional.

“Kami sudah berkiprah selama 67 tahun, untuk itu kami mendukung kebijakan itu dengan terlibat aktif mengembangkan koridor tersebut lewat Meikarta,” ujar CEO Lippo Group James Riady, medio Sep lalu.

Lebih dari itu, Meikarta juga diproyeksikan mendongkrak nilai tambah bagi koridor timur Jakarta, yang pada akhirnya menjadi daya tarik bagi kehadiran investasi asing.

Baca: Desain Apartemen Meikarta Ikuti Selera Ekspatriat di Cikarang

Pengamat properti Anton Sitorus mengatakan, ada dua jenis konsumen yang mengincar Cikarang. Yang pertama adalah pengguna alias end user. Para pengguna ini bekerja di kawasan industri.

Yang kedua adalah investor. Mereka mengincar bisnis persewaan properti untuk daerah industri. Asal tahu saja, Cikarang memiliki dua kawasan pengembangan, yakni hunian dan industri.

Kawasan industri di Cikarang, imbuh Anton, sudah mempunyai pasar potensinya, baik karyawan lokal maupun pekerja asing.

“Kebutuhan sewa section hunian di kawasan lebih tinggi, demikian juga dengan pertumbuhan harga sewanya,” kata Anton.

Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk saat uncover section di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu section apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOB Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk saat uncover section di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu section apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

Lantaran itulah, Cikarang ujung-ujungnya menjadi kawasan potensial hunian bagi para pekerja sekaligus kawasan yang bernilai ekonomis. Untuk mewujudkan lebih cepat hal itu, saat ini pemerintah membangun enam infrastruktur penting.

Berturut-turut adalah Patimban Deep Seaport yang nantinya akan membantu aktivitas ekspor dan impor di daerah tersebut. Lantaran merupakan pelabuhan dalam, kapal besar dapat langsung merapat dan tak lagi perlu melalui Pelabuhan Tanjung Priok.

Kedua, Kertajati International Airport. Keberadaan Kertajati ini tentu akan memudahkan lantaran pilihan bandara di kawasan tersebut menjadi lebih banyak.

Yang ketiga adalah kereta api cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung. Moda transportasi ini akan membuat lama perjalanan Jakarta Bandung hanya 39 menit.

Kota mandiri Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memiliki ruang terbuka hijau bernama Central Park seluas 100 hektar. Kota mandiri Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memiliki ruang terbuka hijau bernama Central Park seluas 100 hektar.

Adapun keempat dan kelima adalah Light Rail Transport ( LRT) Cawang-Bekasi Timur-Cikarang dan Automated People Mover (Monorail).

Infrastruktur keenam ialah Jakarta Cikampek Elevated Highway. Keenam infrastruktur tersebut diperkirakan akan selesai dibangun dua hingga tiga tahun mendatang.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai, Lippo Group turut membuka dan menyediakan sejumlah akses jalan yang semakin memudahkan transportasi bagi publik dan masyarakat sekitar.

Proses pemasangan steel box brace proyek Jalan Tol Jakarta Cikampek II (Elevated), Selasa (7/11/2017) dini hari. PT Jasa Marga (Persero) Tbk Proses pemasangan steel box brace proyek Jalan Tol Jakarta Cikampek II (Elevated), Selasa (7/11/2017) dini hari.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu berharap masyarakat tidak mudah terhasut isu miring terkait pembangunan proyek tersebut. Terlebih, bila masyarakat belum melihat langsung lokasi dan kondisi Meikarta.

“Kita patut memberi apresiasi pada Meikarta. Saya telah keliling Indonesia, dan Meikarta ini termasuk memiliki konsep complicated namun tetap memperhatikan kelestarian lingkungan,” katanya.

More about ...