Memahami UEFA Nations League: Bagaimana "Liga" Antar Negara …

Sekarang silahkan duduk – karena kita sudah akan banyak melalui banyak hal. Anda berada di sini karena Anda ingin A) Mengetahui bagaimana Nations League akan dilaksanakan; B) Melihat contoh bagaimana Nations League yang nantinya akan berlangsung; atau C) Memahami mengapa League of Nations tidak dapat menghentikan agresivitas Jerman dalam untuk perluasan wilayahnya dan mencegah Perang Dunia Kedua.

Kami senang bisa menjawab setidaknya dua pertiga dari pertanyaan Anda. Baca artikel ini untuk penjelasan kami tentang apa yang bisa Anda diharapkan dari UEFA Nations League 2018/19 dan kualifikasi Euro 2020

APA, MENGAPA, KAPAN, DAN DI MANA

Singkat cerita, UEFA menciptakan Nations League untuk menggantikan pertandingan-pertandingan persahabatan antar negara dan membuat sebuah kompetisi untuk mengisi kekosongan waktu yang mengerikan yang dilalui tanpa adanya turnamen apapun. Ingatkah Anda betapa membosankannya musim panas kemarin tanpa adanya turnamen, meskipun kualifikasi Eropa untuk Piala Dunia 2018 dimulai sejak bulan Sep 2016? Ada kekosongan di sepakbola Eropa selama 15 bulan kemarin, tapi mulai sekarang, tidak akan ada lagi musim panas yang hampa seperti itu.

Perjalanan kualifikasi untuk Euro 2020 mendatang akan menghasilkan 20 dari 24 tim yang dipastikan lolos dalam waktu sembilan bulan. Kualifikasi dimulai pada Maret 2019 hingga ditutup pada bulan November. Akan ada 10 grup yang diisi lima atau enam tim dan dua tim teratas akan lolos ke putaran final Piala Eropa – cukup sederhana.

Sedangkan Nations League akan dimulai pada musim gugur 2018 (dan akan selalu digelar setiap tahun genap) dengan melibatkan seluruh negara anggota UEFA yang berjumlah 55 tim. Hanya akan ada empat tim yang lolos ke fase final pada bulan Juni 2019. Kemudian selama lima hari musim panas yang indah, salah satu negara akan menjadi tuan rumah turnamen mini tersebut untuk keempat tim yang lolos dan akan menggelar dua pertandingan semifinal, perebutan juara ketiga dan final.

Pada Juni tahun depan, tidak akan ada lagi penggemar sepakbola yang akan merasa rindu dengan turnamen internasional. Walaupun tidak ada Piala Dunia atau Piala Eropa yang biasanya membuat rekening bank kita kosong karena membeli stiker Panini, kita akan disuguhi fase final UEFA Nations League.

PERTARUNGAN UNTUK PROMOSI DAN DEGRADASI

Karena liga yang diikuti 55 tim akan sedikit merepotkan, Nations League akan dibagi menjadi – ini memang tidak lazim – empat liga. Pembagian peserta setiap liga ditentukan oleh koefisien UEFA – yang tidak sama dengan peringkat FIFA, tapi itu akan membutuhkan penjelasan yang lebih panjang dan membingungkan lagi, jadi terima saja apa adanya dulu sekarang – dan tim yang akan ditempatkan di Liga A hingga Liga D bisa kiha lihat di tabel di bawah ini:

More about ...