Menakjubkan, Begini Konstruksi Terminal Bandara Terbesar Dunia di Beijing

Pengerjaan konstruksi depot Bandara terbesar di Dunia yang berada di Beijing (INT/archdaily)

 

KABAR.NEWS, Beijing – Sebuah bandara di Beijing, dikenal dengan nama Beijing Daxing International Airport, dengan bangga akan menjadi pusat penerbangan terbesar di dunia.

Desainnya yang menawan memang menjadi daya tarik yang tidak dapat dinafikan, dengan jaminan nama besar Zaha hadid sebagai sang arsitektur perancang desain bangunan tersebut.

Dilansir oleh Archdaily, bangunan yang besar tersebut dilengkapi dengan lima cabang yang membentang keluar dari bangunan utama, akan menjangkau areal seluas 313.000 scale persegi. Dilaporkan bahwa setiap ‘percabangan’ tersebut akan menggunakan gambaran kebudayaan China, termasuk sutera, teh, porselen, petak sawah, dan kebun indah.

Menurut pengembang, jarak dari terjauh dari setiap sisi sayap ke bangunan utama kurang dari 600 meter, sebuah desain yang membedakannya dengan bandara internasional berukuran besar.

Pada 2015, Zaha Hadid menyatakan saat memenangkan sayembara desain bandara ini bahwa ” dengan pusat transportasi yang terintegrasi dilengkapi dengan koneksi langsung ke layanan kereta lokal dan nasional, diantaranya kereta cepat Gaotie, bandara baru Daixing akan menjadi transportasi utama di dalam jaringan transportasi Beijing dan sebagai katalis pembangunan ekonomi di kawasan tersebut, termasuk kota Tianjin provinsi Hebei,” ujar arsitektur tersohor dunia ini.

 

  • Fardan