Menengok Lahan PT Dharma Jaya di Kemang yang Diusulkan Jadi Embung

JAKARTA, KOMPAS.com –Lahan milik PT Dharma Jaya yang terletak di seberang Pasar Warung Buncit, Jakarta Selatan, diwacanakan sebagai embung yang dapat mengurangi banjir di kawasan Kemang Utara.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi pada Rabu (17/5/2017), lahan itu kini kosong. Tepat di sebelahnya, mengalir Kali Krukut yang membatasi Jalan Kemang Utara IX dengan permukiman mewah Kemang Utara.

Lahan itu berbentuk memanjang di bantaran kali dan hanya berlapis tanah serta bebatuan. Plang PT Dharma Jaya menyebut, luas lahan itu 5.365 scale persegi. Di atas lahan itu ada pos milik sebuah ormas, beberapa mobil parkir, dan gerobak sampah.

Di sebelahnya, ada tempat pembuangan sampah besar yang dimanfaatkan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Tole, penjaga pos ormas itu mengatakan sudah bertahun-tahun lahan itu kosong dan berbentuk seperti ini. Lahan tersebut lebih dikenal sebagai Pasar Kambing lantaran sering dimanfaatkan oleh pedagang kambing dan sapi.

“Ramai kalau Lebaran Haji, tukang kambing jualan di sini, tapi sudah lama kosong begini buat parkir kendaraan saja,” kata Tole.

Tole mengatakan, banjir sudah bertahun-tahun melanda ruas jalan dan kawasan itu ketika hujan besar tiba.

“Parah banjirnya, kalau hujan sudah pasti tergenang,” kata Tole.

Direktur Utama PT Dharma Jaya Marina Ratna Dwi Kusumajati membenarkan lahan tersebut selama ini kosong. Agar tetap produktif, lahan tersebut disewakan ke pedagang kambing dan sapi.

“Saya lupa tepatnya berapa, tapi kami sewakan belasan juta rupiah tiap bulannya saat Idul Adha,” kata Marina.

Lahan tersebut diusulkan oleh Lurah Bangka sebagai embung untuk mengatasi banjir di Kemang Utara. Namun Marina mengatakan hingga saat ini belum ada tindaklanjut dari Pemprov DKI Jakarta terkait usul itu.

PT Dharma Jaya merupakan BMUD milik Pemprov DKI.

More about ...