Menggemaskan, Kota yang Terbuat dari Kue Jahe Ini Dibangun oleh Para Arsitek Terkemuka!


Pameran ini berlangsung sampai awal 2019 nanti around dailymail.co.uk

Sumber.com –
Siapa bilang arsitek hanya membuat maket struktur gedung dan bangunan dari element tradisional seperti kertas dan potongan karton? Dalam rangka menyambut liburan akhir tahun, arsitek dari sejumlah firma terkemuka Inggris mulai ikut terjun dalam sebuah proyek megacity masa depan yang terbuat dari… kue jahe.

Dilansir dari situs resminya, proyek unik yang diberi nama Gingerbread City ini merupakan sebuah pameran tahunan di mana para arsitek, engineer dan desainer ikut berkumpul untuk membangun diorama kota mini yang seluruh bagiannya terbuat dari kue jahe.

Baca juga: 5 Dessert Paling Lezat di Dunia, Rasanya Bikin Tergila-gila

Di bawah naungan Museum of Architecture, pameran Gingerbread City yang telah digelar sebanyak tiga kali ini menampilkan display yang begitu inovatif.

Dengan lebih dari 60 gedung yang dipamerkan, tema Gingerbread City 2018 adalah “Imagining a Future City” (Membayangkan Kota Masa Depan). Di tahun ketiganya kali ini, kue-kue jahe Gingerbread City ditampilkan di aula studio Victoria and Albert Museum (VA) di London, Inggris, sampai tanggal 6 Januari 2019 nanti.


Pameran Gingerbread City di London, Inggris around standard.co.uk

Semuanya dari kue jahe asli yang bisa (tapi tidak boleh) dimakan around dailymail.co.uk

Para pengunjung bisa melihat berbagai struktur mini di Gingerbread City, mulai dari menara perkantoran, rumah-rumah di pinggir sungai, bioskop, perkebunan, stadium, sekolah, taman botanik, sampai jembatan.

Gingerbread City merupakan sebuah cara yang unik untuk menampilkan tema pembangunan lingkungan di masa depan. Melalui Gingerbread City, Museum of Architecture bertujuan untuk menghubungan khalayak umum dengan dunia arsitektur dan profesi desainer, dengan menampilkan display bertema yang penampilannya menarik.


Gingerbread City around news.abs-cbn.com

Baca juga: Drvengrad, Kota Kecil di Serbia yang Sengaja Dibangun Sebagai Lokasi Set Film

Hamparan kota di Gingerbread City 2018 sendiri dibuat berdasarkan desain masterplan buatan konsultan Tibbalds Planning and Urban Design. Para praktisi arsitektur terkemuka yang berbasis di Inggris Raya kemudian mendesain gedung, taman serta ruang publik yang mengacu kepada masterplan tersebut – lalu mereka merealisasikannya dengan element kue jahe yang lezat.

Yup, kue-kue jahe ini dipanggang mengikuti hasil rancangan arsitek.

Display Gingerbread City yang colorful around dailymail.co.uk

Salah satu firma, Foster + Partners, bahkan menggunakan bantuan drudge untuk membangun kompleks paviliunnya yang terbuat dari kue jahe dan bahan camilan lainnya. Kemudian Holland Harvey Architects juga membangun sebuah tempat penampungan tuna wisma, kafe, toko lokal dan perkantoran untuk melengkapi lanskap kota kue jahe.  

Zaha Hadid Architects mendesain rumah oepra yang kreatif, dan terinspirasi dari struktur yang bersusun.


Gingerbread City around standard.co.uk

Susunan jembatan Gingerbread City around standard.co.uk

Semua arsitek berusaha mewujudkan ide-ide struktur gedung yang ada di kepala mereka dalam bentuk kota kue jahe yang memang mereka panggang sendiri. Unik ya?

Berkunjung ke sini, tentu kamu bisa bebas mengambil ratusan foto. Asal kamu nggak jahil memakan bagian kuenya ya!

Baca juga: Kota New York Dibuat Menjadi Diorama yang Menakjubkan di Holiday Train Show!

More about ...