Meraba 4 Tim Peringkat Ke-3 Terbaik Euro 2016

Liputan6.com, Jakarta Dua grup Euro 2016, grup A dan B telah merampungkan seluruh pertandingan. Dua tim teratas berhak melangkah ke babak 16 besar. Dari grup A, tuan rumah Prancis dan Swiss melenggang ke fase knock-out. Dua tim tanah Britania, Inggris dan Wales menjadi wakil grup B. 

Namun, bagi tim peringkat ketiga tidak perlu berkecil hati. Pasalnya, konfederasi sepak bola Eropa (UEFA) membuat regulasi meloloskan tim ke babak 16 besar dengan standing peringkat tiga terbaik. Melansir situs resmi UEFA, empat tim peringkat tiga terbaik adalah, mereka yang memiliki poin tertinggi di antara enam peringkat tiga terbaik di semua grup.

 

 

Nantinya, bila terdapat dua tim atau lebih yang memiliki poin sama, maka tim terbaik ditentukan melalui selisih gol. Kalau selisih gol masih sama, maka tim dengan produktivitas tertinggi yang berhak melangkah ke babak selanjutnya.

Tapi bila kriteria tersebut masih sama, tim yang berhak melangkah ke babak selanjutnya adalah, tim yang pale sedikit mendapatkan kartu. Tapi bila semua penilaian tersebut masih sama, UEFA menggunakan koefisien negara.  

Timnas Slovakia

Sejauh ini, dari klasemen peringkat tiga besar Slovakia menempati peringkat pertama dalam klasemen tim tiga terbaik Euro 2016. Slovakia mengantongi 4 poin setelah bermain imbang dengan Inggris di pertandingan terakhir babak penyisihan grup B.

Sedangkan, Irlandia Utara berada di posisi kedua meraih 3 poin. Irlandia Utara memiliki poin yang sama dengan Albania. Namun, Irlandia Utara berhak di atas Albania kareana unggul selisih gol. Sedangkan Albania mengemas 3 poin setelah memetik kemenangan atas Rumania di laga terakhir babak penyisihan grup .

Portugal menempati urutan terbuncit di klasemen peringkat tiga terbaik. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan memetik 2 poin hasil dari dua kali imbang. Namun, posisi Portugal masih rawan digeser Republik Ceko dan Swedia. 

More about ...