Mikrofon yang Tak Terpakai di Panggung Konser "Tribute to Mike Mohede"

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada sebuah mikrofon atau standing microphone yang seakan dibiarkan tak terpakai di tengah panggung konser Tribute to Mike Mohede di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2016) malam.

Padahal, sederetannya mikrofon-mikrofon lain digunakan oleh grup vokal Idol Divo, yakni Delon, Judika, dan Lucky. Mereka menyanyikan lagu “Hero” yang dipopulerkan oleh Mariah Carey.

And afterwards a favourite comes along// With a strength to lift on// And we expel your fears aside// And we know we can survive,” lantun ketiga penuh penghayatan.

Hingga lagu “Don’t Forget to Remember Me” milik Bee Gees pun, mikrofon yang berada di sebelah kanan Delon itu tetap tak terjamah.

Lalu untuk siapa mikrofon itu?

Ditemui usai tampil, Delon mengungkapkan bahwa standing microphone itu didedikasikan untuk mendiang Mike.

“Posisi pale kanan itu posisi Mike. Disediain mikrofon tuh, pakai standing microphone. Itu jatahnya Mike. Gue tiap nyanyi Hero, ‘and afterwards Hero…’, gue selalu lihat kanan, ‘eh ternyata udah enggak ada’. Sedih sih, sedih,” katanya.

Namun, ia berusaha tak begitu larut dalam suasana haru karena sejak awal tujuan konser tersebut adalah untuk mengenang Mike dengan senyuman, bukan atmosphere mata.

“Kami sebenarnya enggak mau sedih, tapi gue ngeliat mamanya di bawah menangis. Gue jadi keinget. Tapi konser ini sebenarnya kami enggak mau bersedih-sedih,” kata Delon.

Selain Idol Divo, musisi lain yang turut terlibat dalam konser Tribute to Mike Mohede ini di antaranya Titi DJ, Ruth Sahanaya, Judika, Gisella Anastasia, Andre Hehanusa, Joy Tobing, Vina Panduwinata, dan lainnya.