Motor Suzuki Pertama di Dunia Ada di Jakarta dan Dijual Lho!

Jakarta – Ada yang unik pada pameran Indonesia Motorcycle History, yaitu engine Suzuki yang pertama kali diproduksi di dunia pada tahun 1952 yaitu Suzuki Power Free. Motor tersebut diboyong oleh salah satu builder terkenal Tommy Dwi Djatmiko atau yang biasa disapa Mastom.

Motor yang masih terlihat utuh dan sangat jadul itu cukup menarik perhatian para pengunjung di Indonesia Motorcycle History 1 di kawasan Ampera, Jakarta Selatan. Jika tertarik, engine ini dijual lho Otolovers dengan harga yang cukup fantastis. Tapi tampaknya harga tersebut masih sepadan dengan kelangkaannya.

“Power Free mah plan aku sama Bikers Brotherhood Central Java, yang lebih menarik ini for sale, hampir Rp 400 juta,” kata Mastom di Synthesis Residence Kemang, Jakarta, Minggu (30/7/2017).

Mastom menjual engine ini secara utuh dan diperuntukkan bagi mereka yang memang menggemari motor-motor jadul buatan pabrikan asal Jepang itu.

“Justru kita sengaja nggak direstorasi, namanya engine tua ya kadang-kadang gitu lah kalau karburatornya lagi banjir susah nyalanya. (Ini untuk) yang emang pengen jadi bagian sejarah dan ingin melanjutkan sejarahnya Suzuki,” lanjut Mastom.

Foto: Dina Rayanti

Bukan hanya pengunjung yang terkesima dengan engine ini, Managing Director 2W PT Indomobil Sales Seiji Itayama joke cukup terkesima karena ini merupakan kali pertama ia melihat engine itu.

“Saya juga baru pertama kali lihat terus terang yang pertama, mudah-mudahan kita bisa terus menerus melakukan acara seperti ini,” tutur Itayama.

Untuk diketahui, engine ini menggendong mesin 2 tak berkapasitas 36cc (dry/ddn)