NASA Beri Peringatan Keamanan Saat Gerhana Matahari 2017

Minggu, 30 Juli 2017 | 11:17

Analisadaily – NASA telah mengeluarkan peringatan dan panduan keamanan bagaimana melihat gerhana matahari sum 2017 yang akan terjadi bulan depan. Instansi terkait memastikan, satu-satunya cara aman melihat gerhana matahari sum hanya menggunakan filter surya khusus, termasuk gelas gerhana atau hand-held solar viewers.

“Filter buatan sendiri atau kacamata hitam biasa, bahkan yang sangat gelap sekalipun, tidak aman untuk melihat Matahari,” bunyi pernyataan NASA, seperti dilansir dari Fox News, Minggu (30/7).

NASA menambahkan, hanya ada empat perusahaan yang mendapatkan izin untuk mengeluarkan kacamata gerhana 2017 karena telah memenuhi standar internasional, antara lain Symphony Rainbow, American Paper Optics, Thousand Oaks Optical dan TSE 17.

Baca Juga :


Gerhana Matahari Total dan Media Sosial

Gerhana Matahari Total dan Media Sosial

9 Maret 2016 | 16:06

Filter surya harus diperiksa sebelum digunakan. Jika tergores atau rusak, itu harus dibuang. Anak-anak juga harus diawasi dengan hati-hati saat menggunakan filter. Sebelum terjadi gerhana Matahari, Anda harus sudah menggunakan kacamata.

Selain itu, Matahari atau gerhana tidak boleh dilihat dengan kamera tanpa filter, teleskop, atau teropong, karena benar-benar dapat merusak mata.

Terakhir, NASA menyebut, jika Anda berada di wilayah gerhana total, (daerah South Carolina hingga ke Oregon), filter surya hanya boleh dilepas saat bulan selesai menutupi Matahari dan hari sudah menjadi sangat gelap.

Gerhana matahari sum akan terjadi pada 21 Agustus di seluruh Amerika Utara. Gerhana matahari sebagian akan berlangsung antara dua hingga tiga jam. Kali ini, Bulan menghalangi Matahari selama 2 menit dan 40 detik.

Share on facebook

Share on twitter

Share on google+

Share on email

25 like this

0 comment

Copy url berita