NASA: Saat Gerhana Matahari, Hewan akan Bertingkah Aneh


Gerhana matahari parsial menghiasi langit Abidjan, Pantai Gading, 1 Sep 2016. Gerhana matahari parsial yang sebenarnya merupakan gerhana matahari cincin dapat terlihat di beberapa negara termasuk Indonesia. REUTERS

Gerhana matahari parsial menghiasi langit Abidjan, Pantai Gading, 1 Sep 2016. Gerhana matahari parsial yang sebenarnya merupakan gerhana matahari cincin dapat terlihat di beberapa negara termasuk Indonesia. REUTERS.

TEMPO.CO, California – Menurut Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), gerhana matahari sum yang terjadi pada 21 Agustus mendatang akan mengubah perilaku hewan. Perilaku tersebut, menurut NASA, lebih kepada tingkat aneh, seperti lebih banyak bersuara, bersembunyi, atau menimbulkan tanda resah.

Karena itu, NASA memperingatkan para pemilik hewan untuk tidak terkejut dengan perubahan perilaku tersebut. “Itu akan terjadi selama gerhana,” tulis NASA, seperti dikutip dari laman berita Tech Times, Ahad, 20 Agustus 2017.

Baca: NASA akan Terbangkan Bakteri Saat Gerhana Matahari

Hewan, NASA menjelaskan, jauh lebih sensitif terhadap perubahan lingkungan ketimbang manusia, seperti gelap dan penurunan suhu yang mendadak. Kejadian saat gerhana matahari pada hewan telah diteliti sejak 1500-an. Kala itu, sekawanan burung tiba-tiba turun dari pepohonan dan berhenti bernyanyi.

Jerapah lebih banyak bersuara ketimbang biasanya. Lemur bertingkah aneh. Serangga menunjukkan tanda-tanda bergejolak. Hewan-hewan nokturnal, seperti burung hantu dan kelelawar menjadi aktif selama gerhana matahari.

Selain informasi tersebut, NASA juga memperingatkan agar memakaikan kacamata khusus pada hewan peliharaan jika ingin membawa mereka melihat gerhana matahari. “Tidak hanya manusia yang bisa mengalami kerusakan mata akibat gerhana, hewan joke demikian,” tulis NASA.

Baca: Kontroversi Planet Nibiru: Tanda Kiamat Setelah Gerhana Matahari?

Simak artikel menarik lainnya tentang gerhana matahari dan NASA hanya di kanal Tekno Tempo.co.

TECH TIMES | AMRI MAHBUB



More about ...