Normalisasi Kali Krukut Dimulai di Lahan Pengembang

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menormalisasi Kali Krukut, Jakarta Selatan. Normalisai bakal dimulai di lahan milik pengembang.
 
“Benar. Karena itu daerah pengembang dan mereka sudah setuju, kalau yang lain kan ada warga,” kata Staf Pemeliharaan Sudin Tata Air Jakarta Selatan, Robby Dwi kepada Metrotvnews.com, Kamis 13 Juli 2017.
 
Robby menjelaskan, di belakang Kemang Village, tepatnya di Kelurahan Cipete Utara terdapat beberapa titik yang akan dinormalisasi. Namun, tindakan ini dimulai dari lahan milik pengembang sehingga tidak perlu menggusur rumah warga.
 
“Betul masuk ke kelurahan Cipete Utara, tapi tidak ada warga karena milik pengembang semua,” jelas Robby.
 
Robby mengungkapkan, penanganan normalisasi di belakang Kemang Village dilakukan oleh pihak ketiga dan pengembang sendiri. Sementara itu, normalisasi di titik yang dipenuhi rumah warga masih menunggu kesepakatan antara pemerintah dan warga.
 
“Belum tahu kapan dimulai, tergantung wali kota kan yang bebasin. Sebab faktor x-nya banyak sekali,” kata Robby.
 
Robby mengungkapkan, normalisasi Kali Krukut sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2000. Di segmen banjir kanal barat sampai Gatot Subroto. Namun, saat itu masih menggunakan turap dengan batu kali.
 
“Biasanya yang lama itu begini (diturap) kan sebelumnya pakai tiang pancang. Tapi rencananya semua di sheetpiles pakai beton,” katanya.


(FZN)

More about ...