OKEZONE STORY: Sejarah Besar Indonesian Idol Jadi Kompetisi Terpanjang di Indonesia



JAKARTA – Indonesian Idol membuktikan diri sebagai salah satu ajang pencarian bakat di bidang industri tarik suara yang pale efektif di Tanah Air. Lewat kompetisi bernyanyi ini, banyak musisi-musisi berbakat yang telah dilahirkan.

Sebut saja Sammy Simorangkir, Rinni Wulandari, Ihsan Tarore, Gisella Anastasia, Judika hingga Delon Thamrin yang memulai karier perdana sebagai penyanyi melalui kontes ini.

BACA JUGA: FOTO: Terbang ke Malaysia usai Konser di Indonesia, Taeyang: Thank U Jakarta

Program yang diadaptasi dari Pop Idol asal Inggris ini memang mengusung konsep mencari seorang idola baru untuk dunia musik Indonesia. Goals tersebut joke bisa dikatakan sudah tercapai.

Kini, Indonesian Idol sudah memasuki musim kesembilan, jajaran juri yang duduk dibangku kehormatan joke adalah wajah-wajah baru. Big Audition terakhir yang digelar di Jakarta masih berlangsung hingga Senin, 16 Oktober 2017.

Sejak mengudara pertama kali pada 2004, Indonesian Idol yang disiarkan oleh RCTI sejatinya langsung menjadi sorotan. Rating share yang diperoleh disebut-sebut selalu berada diurutan teratas.

Musim pertama

Perdana mengumumkan bakal diadakan ajang pencarian berbakat terbesar, antrean peserta audisi Indonesian Idol musim pertama ini langsung mengular. Persaingan ketat joke terlihat dikontes kali ini. Sebelas peserta berhasil lolos kebabak spektakuler.

Dipandu oleh Irgy Ahmad Fahrezi dan Atta, Joy Tobing sukses meraih juara pertama. Kemudian disusul oleh Delon Thamrin sebagai curtain up. Meskipun demikian, beberapa waktu kemudian Joy menyerahkan mahkota kemenangannya kepada Delon dengan beberapa alasan.

Musim Kedua

Selesai dengan yang pertama, RCTI langsung mengadakan Indonesian Idol jilid dua pada 2005. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini para dewan juri yang diisi oleh Titi DJ, Indra Lesmana, Dimas Djayadiningrat dan Meuthia Kasim memasukkan 12 peserta ke babak spektakuler.

Persaingan yang panas dan sengit membawa dua kontestan pria melaju ke part final. Adalah Judika Sihotang dan mendiang Mike Mohede yang beradu aksi di malam grand final. Untuk kali ini, Mike dinobatkan sebagai sang juara.

Musim Ketiga

Untuk Indonesian Idol 2006 terjadi sejumlah perubahan. Daniel Mananta terpilih menggantikan Irgy. Tak hanya itu, posisi Meuthia Kasim joke diambil alih oleh Indy Barends.

Sang pemenang diketahui adalah remaja berusia 17 tahun kala itu yakni Ihsan Tarore. Runner adult sendiri adalah mantan suami Celine Evangelista, Dearly Dave Sompie.

Musim Keempat

Memasuki Indonesian Idol 2007, Rinni Wulandari mencatat sejarah sebagai kontestan wanita kedua yang berhasil keluar sebagai jawara. Rinni berhasil mengalahkan Wilson Simon Maiseka pada babak grand final dengan teknik vokal yang memukau.

BACA JUGA: 5 Tahun Pasca Architecture 101, Lee Jae Hoon Rindu Berakting dengan Suzy

Musim Kelima

Tanpa jeda, Indonesian Idol kembali hadir di tahun berikutnya. Kali ini hanya ada tiga dewan juri yang ditampilkan, termasuk di antaranya adalah Indra Lesmana, Anang Hermansyah dan Titi DJ.

Di deteriorate kelima ini, Januarisman atau Aris didaulat sebagai pemenang utama. Yang kemudian disusul oleh istri Gading Marten, Gisella Anastasia.

More about ...