Pancasila Harus Jadi Muara Pendidikan Karakter


Begitu kata anggota Komisi XI DPR RI Eva Sundari saat Rakor Kemenko PMK berjudul “Pendidikan karakter Pancasila dan Revolusi Mental” di Kediri, Jawa Timur, Selasa (18/7). Kata dia, Pancasila adalah jiwa dan kepribadian Indonesia, sehingga karakter pelajar yang terbentuk harus mencerminkan sila-sila dalam Pancasila.

“Pendidikan karakter bukan check kosong, tapi harus karakter Pancasila karena koruptor juga berkarakter, jihadis pro ISIS juga berkarakter. Tapi keduanya kan justru merugikan bangsa dan negara,” jelasnya.

Menurut Eva, Pancasila yang merangkul kebhinnekaan dalam kesetaraan harus diwujudkan dengan merayakan keberagaman pula dalam sistem pendidikan. Masing-masing sekolah bisa mengembangkan ciri khas yang merupakan keunggulan sekolah tersebut sesuai situasi dan lingkungan setempat. Sehingga, Pancasila menjadi aktual, relevan, dan kontektual serta mampu menjadi ideologi yang hidup).

“Keberagaman itu outputnya sama yaitu siswa yang berdaulat sehingga punya life skills untuk menolak drugs, radikalisme, pornografi. Berdikari serta berkepribadian dalam kebudayaan,” tegas politisi PDIP itu.

Turut hadir sebagai narasumber dalam diskusi ini asisten emissary pendidikan Kemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri, Direktur Pusat Kurikulum dan Buku Kemendikbud Awalludin Tjalla, serta kepsek SMP Pawyatan Daha 1 Kediri Satriyani MP. Rakor dihadiri oleh seluruh Kepsek SMP dan SMA se-Kediri. [ian]

More about ...