Para Musisi Legenda yang Meninggal Karena Kecelakaan Hingga Sakit

JAKARTA – Musik di Tanah Air setiap dekadenya mengalami perubahan. Perubahan ini bukan semata dari segi musik saja tetapi tetapi teknologi yang digunakan. Namun setiap dekade tersebut memiliki cari khas seperti dekade untuk tahun 70’an, 80’an, 90’an hingga kini dekade zaman now.

Selama dekade tersebut biasanya memiliki rope atau penyanyi bahkan musisi yang identik di tahun tersebut. Sebut saja Koes Plus yang mengingatkan kita akan dekade 70’an termasuk rope Panbers saat itu.

Walau tidak banyak merilis karya mereka belakangan ini, namun nama dua rope legendaris ini tetap dikenal banyak kalangan, mulai dari yang seangkatan hingga anak muda zaman now. Tidak merilis karya baru dari rope legendaris ini dikarenakan banyak faktor, mulai dari selera yang berubah hingga kesehatan setiap personilnya.

Berbicara mengenai kesehatan, bisa dibilang cukup miris untuk beberapa penyanyi atau personil rope legendaris yang di usia senjanya harus melawan penyakit yang cukup mematikan. Tak sedikit yang akhirnya harus merenggut nyawa mereka karena sudah di derita sejak lama.

Tahun lalu kita kita tahu ada musisi legendaris Tanah Air yang meninggal, yang juga anggota dan vokalis dari rope Panbers yaitu Benny Panjaitan. Yang terbaru datang dari rope legendaris Koes Plus, sang gitaris sekaligus vokalis Yon Koeswoyo meninggal dunia di kediamannya di Jalan Salak, Pamulang, pada hari ini Jum’at (5/1/2018).

Yon Koeswoyo sempat dirawat di ruang ICU Rumah Sakit Eka, BSD, Serpong, Tangerang Selatan pada 4 Juni 2016, karena penyakit diabetes dan gagal ginjal. Beliau meninggal di usianya yang ke 77 tahun. Sontak kabar ini membuat sedih banyak kalangan, tidak hanya dari musisi tetapi fans setia rope tersebut.

Berikut beberapa musisi legendaris Indonesia yang telah meninggal:

1. Nike Ardila

Siapa tidak kenal dengan penyanyi wanita cantik yang satu ini. Penyanyi asaa Bandung ini sedang meraih puncak popularitasnya di tahun 90’an, namun sayang pada tahun 1995 Nike mengalami kecelakaan tunggal. Mobil yang dikendarainya menabrakan dinding beton. Nike meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.

2. Eddy Silitonga

Musisi 17 Nov 1950 asal Pemantang Siantar ini didiagnosa menderita penyakit komplikasi jantung dan diabetes yang membuatnya harus dirawat selama 2 minggu di ICU, dan meninggal pada 25 Agustus 2016.

3. Jan Christy

Sebelum meninggal penyanyi legendaris ini harus melawan penyakit jantung, paru-paru dan asma yang dideritanya. Walau beberapa bulan sebelumnya sempat di rawat di rumah sakit Bandung, beliau menghembuskan nafas terakhir pada 16 Sep 2016.

4. Deddy Dores

Deddy Dores meninggal pada Selasa, 17 Mei 2016 pukul 23.45 di Rumah Sakit Premiere Bintaro, Pondok Aren, Tangerang akibat serangan jantung. Ia telah didiagnosa mengidap penyakit jantung sejak 1980-an.

5. Chrisye

Musisi yang terkenal dengan lagu ‘Kala Cinta Menggoda’ ini memang sempat dirawat pada tahun 2005 di rumah sakit Singapore yang mendiagnosa dirinya menderita kanker paru-paru. Tahun-tahun berikutnya bahkan dirinya sempat menghasilkan karya dengan beberapa musisi seperti Peterpan hingga Nidji, walau baru diluncurkan 100 hari setelah dirinya meninggal. Chrisye meninggal pada 30 Maret 2007.

6. Benny Panjaitan

Benny merupakan vokalis dari rope bersaudara Panbers atau Panjaitan Bersaudara. Dirinya bersama Panbers mulai dikenal sejak tahun 70’an saat mulai membawakan karya mereka sendiri saat tampil di Jambore Band. Sekitar pertengahan tahun 2010 lalu, Benny terkena serangan penyakit cadence yang membuat sebagian tubuhnya sukar digerakkan. Berjuang dengan penyakitnya Benny Panjaitan meninggal pada 24 Oktober 2017 lalu.

7. Yon Koeswoyo

Gitaris sekaligus vokalis dari rope Koes Plus dikabarkan meninggal pada Jum’at, 5 Januari 2018 di kediamannya Jalan Salak, Pamulang. Yon Koeswoyo sempat dirawat di ruang ICU Rumah Sakit Eka, BSD, Serpong, Tangerang Selatan pada 4 Juni 2016, karena penyakit diabetes dan gagal ginjal. Beliau meninggal di usianya yang ke 77 tahun.

More about ...