Penampakan Matahari Dilihat dari Setiap Planet di Tata Surya Kita!

matahari

Sistem tata surya kita adalah tempat yang sangat indah. Baik itu permukaan Merkurius yang bopeng-bopeng, dataran berdebu merah dari Mars, cincin yang indah di Saturnus, atau bahkan birunya world Bumi kita, semua world di tata surya penuh dengan pemandangan indah dan keajaiban alam.

Kita tidak akan bisa bertahan hidup jika tidak ada Matahari, jadi luangkanlah waktu, untuk melihat sederetan gambar bintang besar terang panas kita – yang juga terlihat di setiap planet, termasuk Pluto yang jauh – yang dibuat oleh seniman dan ilustrator Ron Miller. Dia menciptakan karya ini untuk mengingatkan Anda akan kenyataan bahwa Matahari itu indah.

Dia menghabiskan waktu lebih dari 40 tahun untuk mengilustrasikan alam yang gelap dari luar angkasa, baik dekat maupun jauh, dan telah berhasil membuat karya gambar pale realistis dari matahari, seperti yang bisa kita lihat pada gambar-gambar di bawah ini.

Baiklah, mari kita mulai!

Merkurius, dengan jarak 57,9 juta km dari Matahari.

Venus, dengan jarak 108 juta km dari Matahari, ditutupi oleh gunung-gunung berapi dan atmosfer yang kaya akan karbondioksida.

Bumi, dengan jarak 150 juta km dari Matahari. Jika Anda pernah melihat gerhana Matahari, pemandangan seperti ini mungkin sudah akrab dengan Anda.

Mars, dengan jarak 228 juta km dari Matahari.

Jupiter (dilihat dari bulan Europa), dengan jarak 779 juta km dari Matahari.

Terima kasih kepada hukum fisika, tingkat terang dari Matahari adalah sama dengan hasil kuadrat jarak relatif Matahari ke tempat melihat Matahari tersebut. Jadi jika sekarang Anda berada di jarak yang setengah kakli lebih dekat daripada jarak Anda sebelumnya, tingkat terang Matahari akan menjadi seperempat dari tingkat terang sebelumnya . (1/2)2 = 1/4, sudah paham?

Hal ini berarti tingkat terang Matahari menurun drastis jika jarak Anda semakin jauh. Namun faktanya, bahkan ketika Anda berada di Pluto-pun, Matahari masih terlihat terang dan rasa panas yang dipancarkannya masih bisa terasa.

Saturnus, dengan jarak 1430 juta km dari Matahari.

Uranus (dilihat dari bulan Ariel) dengan jarak 2880 juta km dari Matahari.

Neptunus (dilihat dari bulan Triton), dengan jarak 4500 juta km dari Matahari.

Pluto, yang orbitnya berbentuk sangat elips, dengan jarak sekitar 5906 juta km dari Matahari.

Sekalipun kenyataannya Pluto berada pada jarak terjauh, namun Matahari masih terlihat cukup terang. “Sekalipun Matahari terlihat kecil, namun masih adalah sumber cahaya yang cukup terang,” kata Miller. “Cahaya Matahari di Pluto akan terlihat seperti sinar yang tertutup debu, namun Matahari itu sendiri akan tetap terlihat terang, hanya saja ukurannya agak kecil”.

Gambar-gambar yang indah bukan? (spiritegg.com/Julius)

More about ...