Pendaftar SNMPTN Jauh di Bawah Target Panitia

TEMPO.CO, Jakarta – Pendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN 2018 jauh di bawah aim panitia. Ketua Panitia Pusat SNMPTN 2018 Ravik Karsidi mengatakan panitia mematok aim pendaftar setidaknya 800 ribu orang. Namun, melihat perkembangan saat ini, Ravik melepas aim itu.

Berapa joke jumlahnya, kata dia, pendaftaran akan ditutup pada Selasa malam, 6 Maret 2018, pukul 23.57. “Tidak ada target,” katanya kepada Tempo, Senin, 5 Maret 2018.

Baca: Pendaftaran SNMPTN Mau Tutup, 78.612 Orang Belum Beres Registrasi

Sejak dibuka pada 13 Januari hingga 4 Maret 2018, sebanyak 486.205 orang mendaftar SNMPTN. Sedangkan yang sudah menuntaskan pendaftaran 207.593 orang. Hingga satu hari menjelang penutupan SNMPTN 2018, 78.612 pendaftar SNMPTN belum menuntaskan pendaftaran hingga tahap finalisasi registrasi.

Ravik mengimbau pendaftar segera menuntaskan registrasi. Pendaftar diminta memanfaatkan waktu yang tersisa karena jaringan Internet tidak bisa dipastikan akan tetap stabil. “Jangan ditunda-tunda lagi, nanti pada peak season bisa terjadi masalah pada jaringan,” ujarnya.

Baca juga: H-1 Penutupan Pendaftaran SNMPTN, Tercatat 486.205 Pendaftar

Tahap finalisasi merupakan tahap keempat setelah pendaftar diverifikasi dengan nomor induk siswa dan mengisi keterangan bersungguh-sungguh mengikuti SNMPTN, mengisi information diri, serta memilih jurusan di perguruan tinggi negeri.

Pendaftar yang dinyatakan sudah menuntaskan pendaftaran akan mendapatkan kartu tanda peserta SNMPTN. Pendaftar dianggap tidak mendaftar jika belum menuntaskan pendaftaran.

More about ...