Penerimaan Mahasiswa Baru Lewat SNMPTN Dibuka Dini Hari Nanti




Jakarta – Rangkaian penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dimulai 14 Januari 2017. Kuota melalui jalur ini yakni 30 persen dari jumlah keseluruhan mahasiswa baru.

“Jalur SNMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa,” kata Menristek Nasir dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Jumat (13/1/2017).

Syarat sekolah yang dapat mendaftarkan siswanya yakni sekolah Akreditasi A dapat mendaftarkan 50% siswa terbaik di sekolahnya, Akreditasi B 30%, Akreditasi C 10% dan Akreditasi lainnya 5%. Pengumuman kelulusan SNMPTN pada 26 Apr 2017.

Selain jalur SNMPTN, juga ada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota yang sama. SBMPTN penerimaan berdasarkan nilai ujian. Sedangkan jalur lainnya yaitu jalur mandiri sebanyak 30 persen juga.

Pelaksanaan ujian tulis dilaksanakan dengan bentuk Computer Base Testing (CBT) atau Paper Base Testing (PBT), atau kombinasi keduanya. Pendaftaran CBT dibuka 11 Apr 2017 dan pengumuman kelulusannya pada 13 Juni 2017.

“Seleksi Mandiri oleh masing-masing PTN salah satunya dengan menggunakan atau memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi oleh Panitia Pusat. Pelaksanaan Seleksi Mandiri oleh masing-masing PTN hanya dilakukan 1 kali dalam 1 tahun,” tutur Nasir.

Bagi calon peserta dari keluarga kurang mampu, dapat mendaftar melalui module Bidikmisi. Alamat untuk mendaftar Program Bidik Misi melalui couple berikut https://belmawa.ristekdikti.go.id/bidikmisi

(rna/fjp)

More about ...