Pengembang DP 1%: Jangankan FLPP, Rumah di Kemang Saja Banjir

Jakarta – Perumahan Villa Kencana Cikarang terendam banjir. Kompleks perumahan ini adalah perumahan yang diluncurkan Presiden Joko Widodo lewat module Dp 1%. Lantas, apa kata pengembangnya?

Rumah subsidi tersebut dibangun oleh PT Arrayan Bekasi Development atau anak usaha SPS Group.

“Sekarang ini kondisinya kan siklus hujan 5 tahunan. Jangankan rumah FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan), rumah yang komersial di Kemang aja pada banjir kan,” kata General Manager SPS Group Tuti Mugiastuti ketika dihubungi detikFinance, Jakarta, Selasa (6/1/2018).

Siklus 5 tahunan ini menurut dia memperlihatkan intensitas hujan yang terbilang tinggi. Menurut pernyataan warga sendiri hujan mengguyur perumahan tersebut sudah 4 hari berturut-turut sejak Sabtu.

“Sehingga sungainya joke luber. Kalau sungai luber, atmosphere itu pasti mencari lahan yang lebih rendah kan, ke mana aja yang dia suka,” ujarnya.

[Gambas:Video 20detik]

Padahal dia menjamin, pihaknya sudah melakukan sejumlah hal agar perumahan tersebut aman dari banjir meski diguyur hujan. Termasuk membangun sistem drainase.

“Saya punya H2O pool (resapan air) sampai 8.000 scale di situ yang saya buat. Terus drainase saya bagus, tapi kalau pembuangan akhir yang tersedia luber karena hujannya sedemikian melebihi pada umumnya namanya kejadian luar biasa ya seperti ini (banjir),” tambahnya.

Menurut laporan dari tim teknis di lapangan, kata dia memang terlihat masalah kelebihan withdraw atmosphere saat hujan yang akhirnya tidak bisa tertampung. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pengairan dan Pemda setempat.

“Yaitu bagian hilir yang airnya sudah tidak bisa nampung sehingga terjadi tabrakan dan arahnya berbalik mencari lahan yang lebih rendah. Jadinya luber ke perumahan, karena daya tampung di sungai itu sudah tidak bisa nampung, mau enggak mau ke mana-mana lah,” lengkapnya. (zlf/zlf)


<!–

polong.create({
target: ‘thepolong’,
id: 45
})

–>

More about ...