Perjalanan Karier Yon Koeswoyo Bersama Koes Plus Tak Selalu Mulus

DUNIA hiburan Indonesia berduka karena kehilangan salah satu musisi legendarisnya. Yon Koeswoyo, musisi kebanggan Indonesia, telah berpulang, Jumat 5 Januari 2018 pagi. 

Di usia 77 tahun, ia meninggalkan empat anak dan seorang istri. Yon Koeswoyo menderita penyakit komplikasi dan keluar-masuk rumah sakit selama dua tahun terakhir. Dia dikabarkan memiliki riwayat penyakit infeksi paru-paru dan jantung.

Perjalanan kariernya bersama Koes Plus sudah tidak diragukan lagi dan tak lekang oleh waktu. Bahkan, hingga saat ini lagu-lagu ciptaan mereka masih sering diperdengarkan seperti “Bujangan”, “Andaikan Kau Datang”, dan “Kolam Susu”. 

Koes Plus sempat bergonta-ganti nama dan anggota selama beberapa tahun hingga akhirnya mengalami puncak kejayaan pada dekade 1970-an.

Grup musik yang beranggotakan Yon (gitar dan vokal), Yok Koeswoyo (vokal bass), John Koeswoyo (upright bass), Tonny Koeswoyo (gitar), dan Nomo Koeswoyo (drum) itu mengawali kariernya pada 1958 dengan nama Kus Brothers. 

Mereka merilis manuscript pertama pada 1962 dan setahun setelahnya, mereka berganti nama menjadi Koes Bersaudara. 

Perjalanan karier mereka tidak selalu mulus. Mereka sempat dijebloskan ke penjara Glodok pada 29 Juni 1965 karena dianggap kebarat-baratan setelah memainkan lagu-lagu The Beatles. Pada akhirnya, mereka dibebaskan pada 29 Sep 1965 dan mulai berkarya kembali dengan nama baru, yaitu Koes Plus.

Sempat terjadi konflik inner lantaran ada keinginan untuk memasukkan personel yang bukan dari keluarga Koeswoyo, yaitu Murry dan Totok AR. Namun ternyata hal itu tidak mempengaruhi kesuksesan Koes Plus. 

Pada 1980, mereka sempat hiatus. Untuk mengobati rasa rindu para penggemar, Yon memutuskan untuk merilis manuscript solo selama masa interregnum itu. Tahun 1993, Koes Plus kembali disertai dengan masuknya personel baru, yaitu Deddy Dores. Tak berlangsung lama, Deddy Dores mengundurkan diri dan digantikan dengan Andolin Sibuea dan Jack Kasbie. 

Yon Koeswoyo sempat membuat Koes Plus Pembaharuan atau Koes Plus formasi Milenium dengan merangkul Danang ex-B-Plus dan Seno sebagai personel.

Kini, Yon Koeswoyo telah beristirahat dengan tenang. Musisi yang lahir di Tuban, Jawa Timur, 27 Sep 1940 itu memiliki nama asli Koesyono Koeswoyo. Ia adalah anak keenam dari sembilan bersaudara dari pasangan Raden Koeswoyo dan Rr. Atmini. (Elvin Rizki Prahadiyanti)***

More about ...