Pertimbangan Timnas Tak Panggil Hansamu dan Evan Dimas

Jakarta, CNN Indonesia
Hansamu Yama Pranata dan Evan Dimas hampir tak pernah absen dari pemanggilan di Timnas Indonesia U-22. Namun, kali ini bek dan gelandang muda itu tak masuk daftar dalam uji coba Merah Putih selanjutnya.

Skuat arahan Luis Milla dijadwalkan menghadapi tuan rumah Kamboja, Kamis (8/6) dan menjamu Puerto Rico, di Sleman, Selasa (13/6).

Pihak Timnas Indonesia joke mengungkapkan alasan tak memanggil Hansamu dan Evan pada laga uji coba kali ini.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti, menyebutkan tidak disertakannya dua pemain itu karena Milla justru ingin menyimpan mereka agar terhindar dari kelelahan dan cedera parah.

“Hansamu dan Evan Dimas merupakan pemain yang selalu dimainkan sebagai pemain utama di timnya. Ia selalu categorical full time selama 90 menit,” terang Bima Sakti saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (31/5).

Menurut penjelasan Bima, Milla justru khawatir jika memaksakan bek Barito Putera dan gelandang Bhayangkara FC tersebut tampil di uji coba Timnas kali ini bisa membuatnya kelelahan parah dan rawan cedera.

“Sebenarnya Hansamu dan Evan sudah terkena cedera pergelangan kaki ringan saat dipanggil (ke Timnas Indonesia). Mereka mengatakan mengalami sedikit perih, tapi masih tetap memaksakan ingin categorical penuh di Timnas Indonesia,” ucap Bima.

Selain itu, Milla memang ingin lebih melakukan eksplorasi terhadap pemain lainnya macam Gian Zola atau bek-bek tengah Timnas lainnya dengan tidak memanggil Evan dan Hansamu.

“Kalau Evan dan Hansamu sih pada prinsipnya sudah tidak ada masalah lagi. Mereka tampil bagus sejauh ini, hanya kami berusaha menjaganya agar jangan sampai cedera parah,” ujar Bima.

Selain Hansamu dan Evan, Milla juga tidak menyertakan nama striker yang baru dinaturalisasi, Ezra Walian.

“Ezra masih ingin mencari klub dulu sehingga kami memberikannya waktu dan tidak memanggilnya dulu (di Timnas Indonesia),” pungkas Bima. (kid)

More about ...