Peter Shilton: Hugo Lloris, Kiper Terbaik Euro 2016

Bukan nama-nama besar seperti Manuel Neuer, Gianluigi Buffon, atau David De Gea yang menjadi kiper terbaik Euro 2016 pilihan Peter Shilton. Mantan kiper Inggris itu ternyata lebih memilih Hugo Lloris untuk menyandang standing sebagai kiper terbaik turnamen.

Bagi Shilton, momen terbaik bagi kiper Prancis itu hadir di partai semi-final melawan Jerman. Di laga itu, Lloris mencatat banyak penyelamatan gemilang untuk membawa Les Bleus tak kebobolan, menang 2-0, dan berhak menantang Portugal di final.

“Selain Antoine Griezmann, ada pemain Prancis lain yang punya dampak signifikan, yakni kiper sekaligus kapten Hugo Lloris. Saya berpendapat, dia adalah kiper terbaik turnamen. Serangkaian penyelamatan gemilang saat melawan Jerman membuat Prancis bisa bertahan,” tulis Shilton dalam kolomnya di Times of India, Minggu (10/7).

Shilton juga memprediksi, partai puncak Euro 2016 pada Senin (11/7) dini hari WIB bakal dimenangkan oleh Prancis dengan skor tipis. Namun, ia juga memperingatkan tim tuan rumah untuk tidak termakan taktik Portugal.

“Portugal boleh jadi tidak menarik, karena mereka ngotot dalam bertahan. Tetapi itulah yang membuat lawan-lawan frustasi dan membuat kesalahan sendiri. Dan mereka memiliki Cristiano Ronaldo. Bagi saya, Ronaldo adalah striker terbaik turnamen. Renato Sanches juga bermain sangat bagus,” sambungnya.

“Final akan berjalan terbuka, meski kedua tim akan berhati-hati di awal laga. Saya memprediksi Prancis menang 2-1, tetapi dengan syarat mereka bisa mencegah Ronaldo untuk mencatatkan banyak peluang,” pungkas Shilton.

More about ...