Portugal Sebut Juara Euro 2016 Bukan Keberuntungan

Bola.net – Pelatih Portugal, Fernando Santos tidak sepakat dengan tudingan bahwa tim asuhannya menjadi juara Euro 2016 karena keberuntungan. Ia merasa bahwa Portugal tampil dengan bagus hingga sukses menjadi juara.

Perjalanan Portugal di Euro 2016 memang tidak diwarnai dengan hasil-hasil fantastis. Cristiano Ronaldo dan kolega hanya sekali meraih kemenangan di waktu normal. Itu terjadi pada babak semifinal saat menang 2-0 atas Wales.

“Portugal selalu bermain bagus, jika tidak, kami tidak akan menjadi juara Eropa,” tegas Santos.

“Saya melihat Portugal hanya sekali menang di laga normal 90 menit di Euro, tapi tidak benar. Tidak ada negara yang bisa menjadi juara Eropa tanpa menang pada empat laga setelah fase grup,” sambungnya.

Portugal sendiri menjadi juara Euro 2016 usai menang dengan skor 1-0 atas Prancis. Pesta Portugal ditentukan oleh gol Eder pada babak tambahan waktu.

Bagi Santos, kemenangan pada waktu normal maupun perpanjangan waktu artinya sama saja. Mantan pelatih Yunani joke tidak mengerti mengapa publik selalu mencibir Portugal karena hasil yang mereka raih di Euro 2016 meski sukses menjadi juara.

“Jadi, Portugal menang pada empat laga, jangan lupa itu. Saya rasa Anda memiliki interpretasi yang tidak masuk akal. Permainan selalu memiliki kemungkinan dilanjutkan hingga 120 menit, itu tidak berbeda dengan 90 menit,” tandasnya. (soc/asa)