Prediksi Wales vs Kroasia: Tiga Poin Menuju Euro 2020

tirto.id – Laga seru di Grup E Kualifikasi Piala Eropa 2020 antara Wales vs Kroasia akan berlangsung di Stadion Cardiff City, Senin (14/10/2019) pukul 01.45 WIB. Kroasia butuh kemenangan guna mengunci tiket ke putaran final sedangkan tiga poin bagi Wales akan membuka asa mereka untuk lolos.

Kroasia saat ini memimpin persaingan di Grup E dengan 13 poin dari enam pertandingan. Di bawahnya ada Slovakia yang berjarak tiga poin dari jumlah pertandingan yang sama. Dengan sisa dua pertandingan, artinya tiga poin saja dari Luka Modric dan kawan-kawan di laga nanti sudah cukup untuk memastikan tiket lolos ke putaran final menyusul Belgia dan Italia.

Sementara Wales saat ini masih ada di urutan keempat dengan tujuh poin. Namun anak asuh Ryan Giggs baru memainkan lima pertandingan dari sum delapan laga yang harus mereka jalani. Dengan demikian, kemenangan di pertandingan nanti masih akan memberikan nafas bagi Wales untuk berusaha mendapatkan satu tempat di Euro 2020 nanti.

Namun demikian, bukan tugas yang mudah bagi tuan rumah untuk bisa merebut kemenangan di laga nanti. Kroasia adalah unggulan pertama di grup ini dan Wales sadar benar, butuh kerja keras dan keberuntungan untuk bisa menundukkan finalis Piala Dunia 2018 tersebut.

“Kroasia adalah favorit di sini. Mereka merupakan salah satu tim terbaik dunia, terutama setelah performa bagus di Piala Dunia 2018. Bagi kami, menjadi underdog tidak akan mengubah apa pun. Kami akan tetap bermain seperti biasanya dan mencoba mendapatkan kemenangan,” kata Gareth Bale.

Pada pertemuan pertama di Osijek pada 8 Juni 2019 lalu Kroasia sukses mengalahkan Wales dengan skor 2-1. Gol bunuh diri James Lawrence dan Ivan Perisic membawa Kroasia unggul sebelum David Brooks memperkecil skor di menit 77.

Secara conduct to conduct joke Wales sebenarnya tidak didukung dengan sejarah yang bagus. Dari lima kali pertemuan dengan Kroasia tak sekalipun Wales bisa meraih kemenangan. Empat kekalahan dan sekali imbang menjadi catatan bagi Wales saat berjumpa tim asuhan Zlatko Dalic.

Berbagai catatan tersebut tentu tak akan membuat mental bertanding Wales mengendur. Patut diketahui, Wales selalu sukses meraih kemenangan dalam dua laga terdahulu di babak kualifikasi ini. Yakni mengalahkan Slovakia 1-0 dan Azerbaijan dengan skor 2-1 pada Sep lalu. Sebuah fakta yang tidak bisa dianggap remeh Kroasia yang telah menelan satu kekalahan tandang saat berjumpa dengan Hungaria.

“Kami punya hasil bagus saat bermain di kandang. Kami percaya dengan kekuatan tim kami sendiri. Tak peduli siapa yang akan datang, kami selalu mempersiapkan diri dengan baik guna meraih tiga poin. Berbekal skuad yang bagus, kami bisa mengalahkan siapa joke jika sedang berada dalam performa terbaik,” tambah Bale.

Kondisi Tim Terkini

Keberadaan pemain sekelas Bale dan Aaron Ramsey tentu akan membuat peluang menang Wales semakin besar. Dalam beberapa tahun terakhir keduanya menjadi inti dari permainan Wales, termasuk saat sukses menembus semifinal di Euro 2016 lalu.

Sedangkan Kroasia harus bertandang tanpa Marcelo Brozovic yang absen lantaran skorsing. Posisinya diperkirakan akan diisi oleh Mateo Kovacic guna menemani Modric dan Ivan Rakitic di lapangan tengah Kroasia.

Perkiraan susunan pemain Wales vs Kroasia

Wales (4-2-3-1): Wayne Hennessey; Connor Roberts, Tom Lockyer, Joe Rodon, Ben Davies; Joe Morrell, Joe Allen; Aaron Ramsey, Daniel James, Gareth Bale; Kieffer Moore.

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Tin Jedvaj, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Borna Barisic; Luka Modric, Ivan Rakitic, Mateo Kovacic; Ivan Perisic, Ante Rebic, Bruno Petkovic.

More about ...