Review: Xiaomi Mi MIX 2, Desain Lebih Oke Kamera Belum Sempurna

Liputan6.com, Jakarta – Smartphone penerus Mi MIX, yakni Mi MIX 2 telah dirilis di Beijing 11 Sep lalu bersamaan dengan Mi Note 3. Belum lama ini, Mi MIX 2 juga melenggang di pasar India.

Masih sama dengan pendahulunya, Mi MIX 2 hadir dengan desain bezeless alias berbezel tipis. Bedanya kali ini Xiaomi memangkas luas layar dari 6,4 inci pada Mi MIX menjadi 5,99 inci pada Mi MIX 2.

Lalu, seperti apa pengalaman menggunakan Mi MIX 2? Tekno Liputan6.com berkesempatan menjajal Mi MIX 2 dan berbagai fiturnya. Berikut adalah ulasan singkat mengenai Mi MIX 2.

Desain dan Layar

Pertama kali memegang Mi MiX 2, tampak jelas smartphone ini berbeda dengan Mi MIX. Smartphone ini berlayar besar tetapi dibanding pendahulunya Mi MIX 2 lebih nyaman saat digenggam karena layarnya lebih kecil dan tiap sudutnya dibuat lebih rounded. Perbedaan lain antara keduanya adalah bagian dagu (bawah layar) Mi MIX 2 dibuat lebih kecil dan hemat ruang.

DSCF8545

Kendati begitu, kamera depan smartphone ini masih ditempatkan di bagian pojok kanan dagu smartphone sehingga pengguna harus rela memutar perangkat saat hendak mengambil foto selfie.

Bodi smartphone berbalut keramik joke tetap dipertahankan dan membuat smartphone ini punya kesan mewah dan lebih tahan akan goresan. Meski begitu, smartphone berbodi keramik cenderung lebih licin saat digenggam, sama halnya dengan Mi MIX 2.

Berbeda dengan Mi MIX yang sepenuhnya dibalut keramik, sisi samping Mi MIX 2 dilapisi bahan logam sehingga mengurangi licin saat digenggam.

DSCF8543

Dibandingkan pendahulunya yang layarnya bebas dari speaker karena ada di bawah layar, layar atas Mi MIX 2 terdapat lubang speaker. Mi MIX 2 juga hadir tanpa audio jack sehingga pengguna harus menghubungkan headset dengan adapter USB tipe C untuk bisa mendengar musik melalui headset

Seperti pada Mi MIX, Xiaomi memberikan case pelindung sehingga saat dipasang menutupi bodi Mi MIX 2, ponsel tidak terlalu licin. Sayang, dibanding pendahulunya yang terbuat dari bahan kulit asli, case Mi MIX 2 terbuat dari bahan plastik, sehingga jadi terkesan kurang mewah.

Sekadar informasi, sisi kanan Mi MIX 2 terdapat tombol volume dan power. Sementara di sisi kirinya terdapat slot SIM card yang bisa dibuka dengan SIM label ejector. 

Sisi kanan Xiaomi Mi MIX 2 yang dilapisi steel terdapat tombol volume dan energy (Liputan6.com/ Iskandar)

Kemudian, di bagian bawah smartphone tersebut juga dibekali port USB type C serta speaker di sisi kanan dan kiri port form C. 

Sisi bawah Xiaomi Mi MIX 2 terdapat orator dan pier USB form C untuk pengisian daya (Liputan6.com/ Iskandar)

Seperti Mi MIX, bodi belakang smartphone penerusnya ini juga terdapat kamera utama 12MP dengan LED peep di sampingnya. Sementara, fingerprint scanner ditempatkan di bawah kamera. 

DSCF8544

Beralih pada layar, Mi MIX 2 hadir dengan layar 5,99 inci yang didukung rasio aspek 18:9 (resolusi 2.160 x 1.080 piksel). Bodi Mi MIX 2 lebih dari 80 persen didominasi layar IPS, bukan OLED. Layar Mi MIX 2 bisa menghasilkan gambar yang baik, meski warna yang dihasilkan tidak maksimal dibandingkan smartphone dengan layar OLED.

Detail layar bezelless Mi MIX 2 dengan antarmuka MiUI 9 berbasis Android Nougat (Liputan6.com/ Iskandar)

More about ...