Ronaldo, Messi, & 20 Pemain Top Dalam Satu Dekade Terakhir

Cristiano Ronaldo baru saja mengambil alih posisi puncak dari Goal 50 edisi kesepuluh, yang sudah merilis daftar pemain terbaik tahunan sejak 2008.

Ini merupakan kemenangan kelima untuk bintang Real Madrid itu, yang sebelumnya setara dengan Lionel Messi (empat), tapi benarkan pemain Portugal itu merupakan penampil pale konsisten dalam sedekade terakhir?

Di bawah ini, Goal merilis daftar pemain yang meraih suara pale banyak sejak kami menggelar polling editor dan koresponden dari 37 edisi di seluruh dunia …


20. GONZALO HIGUAIN (138 SUARA)


Gonzalo Higuain Juventus Olympiacos Champions League

Gonzalo Higuain telah muncul di Goal 50 lima kali dan untuk tiga klub yang berbeda: Real Madrid, Napoli, dan sekarang Juventus.

Performa terbaik pemain Argentina ini tiba di 2016, ketika ini finis di tempat kesembilan, setelah memecah rekor gol semusim di Serie A. Ia mencetak 36 gol untuk Partenopei.


19. PHILIPP LAHM (142 SUARA)


Lahm Bayern Munich Freiburg

Walau sudah pensiun di akhir musim lalu, Philipp Lahm menembus 20 besar berkat lima penampilan di Goal 50.

Bek saya serbabisa ini dipindah jadi gelandang bertahan oleh Pep Guardiola di pengujung kariernya. Tampil gemilang, ia finis di tempat keempat pada 2014, setelah membawa Jerman juara Piala Dunia di Brasil.


18. DANI ALVES (150 SUARA)


HD Dani Alves PSG

Dani Alves boleh saja sudah berusia 34 tahun, tapi bek kanan Brasil ini sudah mencatatkan enam penampilan di Goal 50. Setelah mencetak dua gelar domestik bersama Juventus, ia tampil impresif di awal kontrak bersama Paris Saint-Germain.

Tentu saja, pria Brasil ini menampilkan performa terbaik di Barcelona dan finis di tempat keenam pada 2009 berkat peran besarnya yang membawa Barca meraih treble.


17. MANUEL NEUER (157 SUARA)


Manuel Neuer Bayern Munich 2017

Pria yang dipuja karena telah melakukan revolusi terhadap peran kiper, yang sekaligus menjadi sweeper. Neuer telah tampil enam kali dalam Goal 50.

Walau tahun ini kariernya terganggu karena cedera parah, ia tetap menembus Goal 50 edisi 2017, finis di tempat ke-33, namun pencapaian terbaiknya terjadi pada dua tahun lalu, ketika ia finis di tempat ke-15.


16.  WAYNE ROONEY (160 SUARA)


Wayne Rooney Everton

Setelah kembali ke klub masa kecilnya, Everton, hari-hari terbaik Wayne Rooney kian mendekati akhir – namun striker 32 tahun itu tetap masuk pertimbangkan karena lima penampilan di Goal 50.

Jelas, luminary Inggris dan Manchester United ini finis di tempat ke-19 pada 2009, setelah membawa Red Devils menjuara Liga Primer Inggris dan lolos ke final Liga Champions.


15. GIANLUIGI BUFFON (162 SUARA)


Buffon Juventus Cagliari

Gianluigi Buffon sudah mengekspresikan intensinya untuk pensiun di akhir musim, menutup karier gemerlapnya.

Meski begitu, ikon penjaga gawang ini masih bermain di atas turn rata-rata, seiring dirinya finis sebagai runner-up Goal 50 edisi tahun ini – pencapaian terbaiknya.


14. SERGIO AGUERO (166 SUARA)


Sergio Aguero Manchester City

Tak ada ruang untuk Sergio Aguero dalam Goal 50 kali ini, tapi striker Argentina itu sudah mencatatkan lima penampilan.

Jelas, bintang Manchester City ini pernah menembus sepuluh besar, walau itu terjadi pada 2008, ketika ia masih menjadi bocah berusia 20 tahun yang bermain untuk Atletico Madrid.


13. GARETH BALE (175 SUARA)


Bale idea Dortmund

Gareth Bale tak mendapatkan satu joke suara pada Goal 50 edisi ini, tapi ketika sudah sehat sepenuhnya, bintang Wales ini sangat menakutkan.

Ia sudah mencatatkan lima penampilan dalam Goal 50, dengan performa terkininya datang tahun lalu, ketika ia finis di tempat keenam seiring Wales lolos ke semi-final Euro 2016.


12. ARTURO VIDAL (176 SUARA)


arturo vidal bayern münchen champions joining 030717

Salah satu gelandang pale dominan dalam satu dekade terakhir, Artoro Vidal telah memenangkan gelar domestik di Italia dan Jerman, bersama Juventus dan Bayern Munich, begitu pula dua trofi Copa America.

Pemain berusia 30 tahun ini gagal lolos ke Goal 50 tahun ini, tapi dua tahun lalu, ia mampu finis di tempat ketujuh.


11. ARJEN ROBBEN (177 SUARA)


Arjen Robben Bayern Munich

Suara untuk Arjen Robben sangat menurun dalam 12 bulan terakhir dan ini berujung pencoretannya dari Goal 50 tahun ini. Namun, ia menembus lima edisi sebelumnya.

Bintang Belanda ini membawa Bayern Munich juara Liga Champions 2013 tapi, menurut voters, ia berada di performa terbaik pada tahun setelahnya – ketika ia mendorong Belanda ke tempat ketiga Piala Dunia.


10. THOMAS MULLER (199 SUARA)


HD Thomas Muller Bayern Munich

Thomas Muller mengalami penurunan dramatis dalam 18 bulan terakhir, tapi pemain 28 tahun itu masih mengamankan tempat di sepuluh besar karena kesuksesannya di Bayern Munich dan Jerman dalam beberapa tahun sebelumnya.

Tentu, striker Jerman itu tampil lima kali di Goal 50 di antara edisi 2010 dan 2016, dengan ranking tertingginya di tempat keempat, pada 2013, setelah ia membawa Bavarians meraih treble.


9.  ROBERT LEWANDOWSKI (205 SUARA)


Robert Lewandowski Bayern 2017

Sementara beberapa rekan setim Robert Lewandowski kesulitan di epoch Carlo Ancelotti, bintang Polandia ini tetap subur seperti biasanya.

Walau striker ini gagal melampaui delapan besar, Lewandowski masih finis di tempat kesembilan. Ia sudah menjadi bagian dari Goal 50 pada enam edisi terakhir.


8. SERGIO RAMOS (228 SUARA)


Sergio Ramos Real Madrid Borussia Dortmund

Kedisiplinan Sergio Ramos memang sering jadi kendala, tapi tak ada yang meragukan nalar pewaktuannya, di kedua sisi lapangan.

Bek tengah yang suka mencetak gol ini sudah tampil dalam tujuh edisi Goal 50 dan tahun ini finis di tempat kelima, setelah membawa Madrid juara La Liga Spanyol dan Liga Champions.


7.  NEYMAR (231 SUARA)


Neymar PSG Paris Saint-Germain

Fans Barcelona tentu sangat kecewa ketika sang bintang pindah ke Paris Saint-Germain, mengingat striker Brasil itu sudah membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik dunia.

Terbukti, ia tampil tujuh kali dalam Goal 50 untuk Santos, Barca, dan kini PSG. Ia bahkan finis di tempat keempat pada 2015, setelah bekerja sama dengan Lionel Messi dan Luis Suarez untuk mencetak treble.


6. XAVI (234 SUARA)


Xavi Barcelona

Xavi sekarang bermain di Qatar bersama Al Sadd dan tak tampil di Goal 50 sejak 2012.

Terlepas dari fakta itu, legenda Barcelona itu finis di tempat keenam ranking secara keseluruhan karena ia tak pernah absen dalam tujuh besar pada periode 2008 dan 2012. ia bahkan meraih tempat ketiga tiga kali beruntun.


5.  LUIS SUAREZ (262 SUARA)


Luis Suarez Barcelona

Salah satu pencetak gol tersubur di epoch modern, Luis Suarez tampil dalam enam dari tujuh edisi terakhir Goal 50.

Pria ini, yang nyaris membawa Liverpool juara Liga Primer Inggris 2014, boleh saja terpeleset ke peringkat 20 tahun ini – namun ia jadi runner-up dalam edisi 12 bulan lalu.


4. ANDRES INIESTA (295 SUARA)


Manuel Arana Andres Iniesta

Andres Iniesta mungkin terlupakan dalam Goal 50 edisi ini, tapi penyihir 33 tahun itu selalu menembus delapan edisi sebelumnya.

Legenda Barcelona itu bahkan finis di tempat kedua pada 2009, setelah membawa klubnya meraih treble, kemudian ia menduduki peringkat keempat di 2011 dan 2012.


3. ZLATAN IBRAHIMOVIC (329 SUARA)


Zlatan Ibrahimovic

Tentu saja, Zlatan Ibrahimovic bakal jadi orang pertama yang mengatakan pada Anda bahwa ia merupakan pemain terbaik dunia dalam satu dekade terakhir, tapi hal itu disahihkan oleh suara Goal 50.

Striker Swedia itu selalu tampil dalam setiap edisi, kecuali satu edisi, tak pernah finis di luar tip 25, menembus tip 10 tiga kali, dan finis kelima di 2009.


2. CRISTIANO RONALDO (485 SUARA)


Cristiano Ronaldo, Real Madrid

Pencetak gol terbaik di sepakbola, Cristiano Ronaldo adalah teladan konsistensi lebih dari satu dekade terakhir. Baik bersama Manchester United, Real Madrid, dan Portugal.

Superstar 32 tahun ini, yang mampu membawa timnya meraih tiga trofi Liga Champions dalam empat tahun, dan membawa negaranya juara Euro 2016, selalu tampil dalam setiap edisi.

Ronaldo hanya finis di luar empat besar satu kali (2010) dan telah memenangkan penghargaan ini lima kali, sukses mempertahankan prestasinya tahun ini.


1. LIONEL MESSI (488 SUARA)


Lionel Messi Barcelona Catalan flags 2017

Berada di posisi keempat dalam dua tahun terakhir, hebatnya, Lionel Messi jadi pemuncak Goal 50 sepanjang masa.

Sebelum tahun lalu, pesepakbola terbaik sepanjang masa ini tak pernah absen di puncak – sum memenangkan penghargaan ini empat kali.

Konsistensinya memang luar biasa. Secara mengejutkan, ia mampu meraih 488 suara dari 500 suara potensial, seandainya semua voters dalam sepuluh edisi terakhir digabungkan.

 

 

More about ...