"Sajadah Ka’bah" Endah Saraswati untuk Deddy Dores – hiburan …

INILAH.COM, Jakarta-Sukses berkarier sebagai penyanyi campursari dan keroncong, Endah Saraswati kini merambah jalur musik cocktail religi.

Mengawali debutnya, istri pelawak Kelik Pelipurlara ini merilis mini manuscript dengan tajuk Sajadah Ka’bah yang berisi enam buah lagu. Album ini dia dedikasikan untuk mendiang musisi legendaris Deddy Dores. Sebab, judul manuscript yang juga menjadi strike singlenya ia nyanyikan secara duet dengan Deddy Dores.

“Jujur saya ngefans dengan beliau, saya terima kasih sekali dipercaya untuk berduet dengan beliau,” kata Endah di sela-sela pembuatan video klip di kawasan Bogor, Jumat (25/11/2016).

Namun demikian, penyanyi yang meraih Juara Campursari Tingkat Nasional Tahun 2007 itu sempat syok dan merasa beban ketika diminta duet dengan hits builder legendaris itu.

“Yang pertama syok saya, ada beberapa beban karena lagu ini panggilan Allah. Beban saya karena lagu ini pernah dinyanyikan dengan orang lain dan juga harus mengawinkan suara saya dengan arranger dan pencipta lagunya,” kata perempuan asal Kota Gudeg itu.

Bahkan, lanjut Endah, waktu rekaman lagu tersebut dia mengalami kejadian unik yang tak terlupakan bersama tim saat berada di dalam studio rekaman.

“Waktu take outspoken malam jumat, sama kang Maman Piyul tiba-tiba berhenti sum dan kami saling lihat-lihatan dan saat itu saya langsung izin sama almarhum (Deddy Dores),” katanya.

“Mungkin saat itu beliaunya hadir dan setelah saya izin langsung nyala lagi,” Endah, menambahkan.

Endah menambahkan, manuscript cocktail religi tersebut merupakan wujud eksistensinya sebagai penyanyi. Dia merasa lega setelah dapat mewujudkan impian menyanyikan lagu religi.

“Bagi saya, seorang penyanyi belum afdol rasanya kalau belum bisa memberikan yang terbaik bagi Allah. Salah satunya lewat manuscript religi ini,” tandasnya.

Menariknya, semua video klip pada manuscript tersebut digarap oleh suaminya sang suami. Keenam lagu dalam mini manuscript Sajadah Ka’bah diciptakan oleh Cahaya Bunga Saragih, yang merupakan sahabat Endah dan Kelik. Dan bertindak sebagai arranger adalah Maman Piyul, seorang pemain biola yang biasa mengiringi penampilan panggung Iwan Fals.

Inilah daftar lagu dalam mini manuscript Sajadah Ka’bah milik Endah Saraswati:
1. Sajadah Ka’bah
2. Pintu Surgamu
3. Kaulah Surgaku
4. Berakhir Masa di Dunia
5. Tahajud Hati
6. Amanah Allah

[adc]