Sisa 4 Tiket Lagi, Ini 20 Tim Lolos ke Putaran Final Euro 2020

Bisnis.com, JAKARTA – Union of European Football Associations (UEFA) telah menyelesaikan babak kualifikasi fase grup untuk menentukan tim-tim yang lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2020.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan curtain adult setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 – 2019.

Wales menjadi tim terakhir yang lolos ke putaran final melalui kualifikasi dengan sistem 10 grup ini. Masih tersisa empat tiket untuk ke Euro 2020 yang akan diprebutkan 16 tim yang masuk jalur playoff.

Sebanyak 20 tim yang lolos dari 10 grup kualifikasi sebagai juara dan runner-up setiap grup ialah Inggris, Republik Cheska (Grup A), Ukraina, Portugal (B), Jerman, Belanda (C), Swiss, Denmark (D), Kroasia, Wales (E), Spanyol, Swedia (F), Polandia, Austria (G), Prancis, Turki (H), Belgia, Rusia (I), Italia, Finlandia (J).

Putaran final Euro tahun depan digelar pada 12 Juni hingga 12 Juli 2020. Ini untuk pertama kalinya diselenggarakan di 12 negara, tanpa tuan rumah tunggal, sekaligus menandai 60 tahun bergulirnya kejuaraan sepak bola antarnegara Eropa.

Ke-12 stadion/kota/negara itu meliputi Stadion Wembley (London, Inggris); Allianz Arena (Munchen, Jerman); Olimpico Roma (Italia); Stadion Olimpiade Baku (Azerbaijan); Krestovsky (St. Petersburg, Ukraina); Arena Nationala (Bukares, Rumania), Johan Cruyff Arena (Amsterdam, Belanda), Aviva (Dublin, Republik Irlandia); San Mames Barria (Bilbao, Spanyol), Puskas Arena (Budapest, Hongaria); dan Hampden Park (Glasgow, Skotlandia); dan Stadion Parke di Kopenhagen, Denmark.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 – 0 melalui perpanjangan waktu.

More about ...