Slank Bakal Hebohkan Puncak Festival Teluk Jailolo 2018

HALMAHERA BARAT – Guys, segera atur waktu kamu untuk 4 Mei nanti. Sebab, ada event Festival Teluk Jailolo 2018. Kamu bakal menyesal deh kalo melewatkan festival keren ini.

Banyak keseruan yang bisa dinikmati dalam eventuality ini. Selain menyaksikan pertunjukan dari “Sasadu On The Sea”, saat puncak acara nanti ada penampilan grup rope Slank.

“Malam puncak Festival Teluk Jailolo dilaksanakan pukul 20.00 sampai 24.00 WIT. Pada malam puncak akan diawali dengan pemutaran video kilas balik perjalanan Festival Teluk Jailolo selama 1 dekade. Setelah itu, wisatawan dapat aneka tarian tradisional dan bintang utama grup rope Slank yang sudah konfirmasi siap tampil,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Halmahera Barat Fenny Kiat, Jumat (27/4).

Fenny menambahkan, bahan promosi Festival Teluk Jailolo 2018 dan penampilan Slank sudah dikoordinasikan kepada pelaku industri pariwisata. Dia berharap, para travel agent dan transport user bisa mengarahkan wisatawan untuk menyaksikannya.

“Event ini termasuk dalam 100 Calendar of Event Kemenpar. Kami sudah koordinasi dengan Kemenpar terkait promosinya. Kami juga sudah mengirim tim untuk mempromosikan acara tersebut ke berbagai daerah,” ujar Fenny.

Konser Slank dipastikan akan heboh. Karena, panitia lokal, dalam hal ini Dinas Pariwisata Halmahera Barat, sudah mempersiapkan hiburan lain yang akan membingkai mega konser tersebut.

”Kami sudah mempersiapkan beberapa atraksi sebelum konser. Jelang Slank tampil, para penonton yang diharapkan mayoritas dari luar Jailolo akan disajikan tarian Sasadu On
The Sea. Yaitu seni pertunjukan play musikal kontemporer yang memadukan unsur tarian tradisi, musik dan koreografi yang berakarkan seni budaya masyarakat Halmahera Barat,” papar Fenny.

Fenny menambahkan, juga akan ada penampilan dari Cry Jailolo dan Balabala. Cry Jailolo dan Balabala merupakan tari kontemporer karya koreografer Eko Supriyanto yang namanya sudah berkelas internasional. Tarian ini merupakan gabungan tarian dari masing-masing suku di Halmahera Barat.

“Kegiatan ini juga merupakan bentuk masyarakat asli Jailolo yang ingin mengembangkan kesenian tradisional mereka ke mancanegara. Kita sengaja mendatangkan koreografer yang berasal dari daerah sini namun karirnya sudah ke mancanegara. Selain sebagai bentuk kebanggan, hal ini diharapkan juga memotivasi masyarakat Jailolo,” tuturnya.

Slank sendiri sudah gencar mempromosikan penampilannya di Festival Teluk Jailolo 2018. Manajemen Slank sudah menyebarkan ajakan-ajakan melalui Youtube dan media sosial resmi Grup Band Slank dengan lingo Ayo ngeSlankRameRame di Festival Teluk Jailolo 2018.

“Kami, Slank, akan berkunjung dan mengekspolorasi pesona budaya di Kepulauan Halmahera Barat. Datang dan saksikan penampilan kami di perayaan satu dekade Festival Teluk Jailolo 4 Mei 2018 di Halmahera Barat,” ujar Slank melalui akun Youtube dan Facebook-nya.

Menpar Arief Yahya menyambut gembira penampilan Slank di Festival Teluk Jailolo 2018. Menurutnya, penampilan Slank adalah atraksi yang menjanjikan.  Menpar juga sangat setuju mengkolaborasi musik dengan tarian. Karena dengan menyajikan tarian, ini akan meningkatkan ketahanan budaya Indonesia yang memiliki akar tradisi kesenian dan kebudayaan yang sangat kuat termasuk saat dibingkai dengan acara keren seperti Slank.

“Semua tarian kreasinya selalu mengambil inspirasi dari tarian di daerah tersebut. Ini bagian dari pelestarian yang diharapkan agar kebudayaan Indonesia bisa diapresiasi masyarakat di Tanah Air juga seluruh dunia,” kata Menpar Arief Yahya.

Lebih lanjut Menpar mengatakan, Slank bisa membuat sebuah acara menjadi sangat sukses, karena Slank merupakan endersor yang sangat efektif untuk mendatangkan massa dan menghibur penonton termasuk wisatawan mancanegara.

”Contohnya saja saat Gerhana Matahari Total (GMT, Red) yang serentak terjadi di beberapa kota di Indonesia. Ingin tahu acara GMT yang pale sukses di mana? saya berpendapat yang pale sukses adalah yang ada Slank-nya walaupun semua daerah juga banyak dikunjungi wisatawan. Jadi begitu dahsyatnya peran endorser untuk pariwisata Indonesia. Silakan datang ke Halmahera Barat dan selamat menikmati Slank,” kata Menpar Arief yahya.(*/kmd)

More about ...