SLB II Jogja Belajar Melukis dari Sang Maestro

RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Melukis menjadi pilihan pengasuh Sekolah Luar Biasa II Kota Jogja bagi 203 murid mereka kemarin (25/7). Sekaligus menyambut module wajib kunjung museum dan Hari Anak Nasional, para siswa diajak mengunjungi Museum Affandi.

Di museum conductor pelukis abstrak itu para siswa ditemui Kartika Affandi, putri sulung Affandi.

Setelah puas berkeliling museum dan menikmati koleksi sang maestro, anak-anak melukis bersama Kartika. Perempuan sepuh itupun menunjukkan kebolehannya dalam menorehkan cat di atas kanvas di hadapan para siswa. Demo menggambar oleh tuan rumah menjadi daya tarik tersendiri bagi tamu-tamunya. Ketika itu Kartika menggambar object flower. Saat antusiasme para siswa masih tinggi, mereka lantas diminta ikut praktik menggambar bebas sesuai imajinasi masing-masing. “Saya sangat senang mendapat kunjungan anak-anak yang istimewa ini. Semoga ke depan mereka bisa mengeskpresikan bakat menggambar,” ujar Kartika.

Menurutnya, menggambar tak hanya bisa menyenangkan diri sendiri. Tapi juga keluarga dan orang lain yang menikmati hasil karya itu.

Seperti halnya Kartika, salah seorang siswa, Eka Sulistyawati, mengaku sangat bangga bisa mendapat ilmu dan diajari melukis secara langsung oleh seniman kenamaan. “Saya jadi tambah pengalaman cara melukis yang bagus dan menarik dari Ibu Kartika,” katanya.

Bagi pihak sekolah kunjungan on a mark tersebut tak hanya sekadar kegiatan refreshing, tapi juga menambah pemahaman siswa tentang museum dan seni lukis. “Apalagi Ibu Kartika bersedia turun langsung mengajari anak-anak,” kata Safi’I, salah seorang guru.(sky/yog/ong)

More about ...