Spesifikasi Mi Mix 3, Smartphone 5G Pertama Xiaomi

Bisnis.com, JAKARTA — Jelang Mobile World Congress 2019, Xiaomi mengumumkan bakal menjual smartphone 5G pertamanya di harga Rp9,5 juta. Lewat Twitter, Xiaomi memaparkan spesifikasi lengkap perangkat 5G yang ternyata meluncur dengan nama Mi Mix 3 tersebut.

Mi Mix 3 versi 5G mengusung system on a chip (SoC) Snapdragon 855 berukuran 7 mikrometer. Xiaomi juga menggunakan modem produksi Qualcomm yaitu X50 5G. Produk modem 5G pertama buatan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut mendukung kecepatan download 2 Gbps.

Produk smartphone berteknologi 5G pertama produsen asal China tersebut adalah ponsel layar penuh dengan displai AMOLED berukuran 6,39 inci dan screen-to-body ratio 93,4%.

Agar bisa menggunakan full-screen display, Xiaomi menyembunyikan kamera depan Mi Mix 3 dengan mekanisme sliding. Untuk membuka kunci layar ponsel, pengguna cukup menggeser ponsel ke bawah.

Kamera depan yang timbul saat layar ponsel digeser ke bawah adalah dwi-kamera yang terdiri dari sensor 24 MP dan sensor 2 MP. Di bagian belakang, Xiaomi menggunakan kamera ganda yang keduanya beresolusi 12 MP.

Reuters melaporkan Xiaomi bakal melepas produk smartphone berteknologi 5G di harga 599 Euro atau sekitar Rp9,5 juta. Produk tersebut rencananya tersedia di pasar Eropa mulai Mei 2019.

Global Head of Products Xiaomi Donovan Sung memperkenalkan produk ponsel pintar 5G besutan Xiaomi dalam acara perdagangan di Barcelona, Spanyol, beberapa hari sebelum acara tahunan Mobile World Congress 2019. Harga yang diumumkan Sung, menurut Reuters, membuat pengunjung acara tersebut kompak menahan napas.

“Kami kira ini adalah harga pale kompetitif untuk ponsel 5G pada hari ini. Produk ini bakal tersedia dalam waktu dekat, segera,” kata Sung.

Samsung, businessman ponsel terbesar dunia, pada Rabu (20/2/2019) mengumumkan ponsel pintar berteknologi 5G pertamanya yaitu Samsung Galaxy Fold di harga US$1.980 atau sekitar Rp27 juta.   

Selain Xiaomi dan Samsung, Oppo juga memperkenalkan smartphone berteknologi 5G menjelang MWC Barcelona.

Oppo pada Sabtu (23/2/2019) di Barcelona juga memamerkan prototipe smartphone 5G produksinya. Namun, businessman ponsel asal China tersebut tidak memberikan fact spesifikasi dan aim harga.

More about ...