Supermodel Amerika ini Tersandung Kasus Korupsi

Miranda Kerr. foto: currently online

LOW Taek Jho yang dikenal sebagai pria superkaya ternyata menjalin hubungan dengan supermodel Miranda Kerr. Banyak yang tidak tahu hubungan sang jutawan dengan indication cantik tersebut.

Hubungan itu terjalin pada 2014. Setelah Kerr bercerai dengan Orlando Bloom dan sebelum menjalin cinta dengan Evan Spiegel yang kini menjadi suaminya. Kisah cinta itu terkuak setelah Taek Jho terlibat dalam kasus korupsi.

Dalam penyelidikan, muncul dugaan bahwa Kerr menerima aliran pencucian uang Taek Jho. Mantan Victoria’s Secret Angel itu menerima perhiasan mewah dari pria yang juga pernah dekat dengan Paris Hilton tersebut. Di antaranya, liontin berlian 11,72 karat berbentuk hati dan berlian pinkish 8,8 karat.

Berdasar gugatan perdata yang diajukan US Department of Justice pada 15 Juni lalu, perhiasan itu dibeli di perusahaan perhiasan Schwartz Inc. pada 29 Januari 2014. Setelah mendapatkan berlian pilihannya, Taek Jho meminta Schwartz mengukir inisial MK (Miranda Kerr) di balik berlian itu.

Pada 5 Februari 2015, Taek Jho melakukan pembayaran senilai USD 1,29 juta (Rp17,2 miliar). Kemudian, perhiasan tersebut dikirimkan bersama beberapa barang lain ke rumahnya di Time Warner Penthouse, New York. Yang menerima adalah asistennya. Taek Jho baru memberikan perhiasan itu kepada Kerr pada Hari Valentine.

Mantan kekasih penyanyi Taiwan, Elva Hsiao, tersebut juga pernah membeli sebuah liontin berlian pinkish pada 18 Nov 2014. ”Pada 2 Desember, bisakah kamu mencarikanku sebuah berlian pinkish berbentuk hati? Harga? Untuk sebuah kalung? Pink muda itu bagus, ukurannya lebih penting,” tulis Taek Jho kepada Schwartz melalui pesan pendek.

Berlian cantik senilai USD 3,8 juta (Rp50,6 miliar) itu diberikan kepada Kerr sebagai hadiah. Semua hadiah mewah tersebut belum termasuk sepasang anting berlian 11 karat dan satu set perhiasan senada.
Total, Kerr menerima perhiasan dengan nilai USD 8,1 juta (Rp108 miliar). Menurut penyelidikan Kerr menyerahkan perhiasan tersebut dari kotak pengaman deposition miliknya di Los Angeles.

”Sejak awal penyelidikan, Miranda Kerr bekerja sama sepenuhnya dan berjanji menyerahkan hadiah perhiasan kepada pemerintah. Kerr akan terus membantu penyelidikan dengan cara apa joke yang dirinya bisa,” kata perwakilan Kerr, Mark Fabiani, sebagaimana dilansir USA Today.

Tidak diketahui berapa lama keduanya menjalin hubungan dekat. Namun, saat ini Taek Jho diduga menjadi pemeran sentral hilangnya lebih dari USD 4,5 triliun (Rp 60 biliar) uang 1Malaysia Development Berhard (1MDB). Uang itu dihamburkan untuk berbagai hal.

Yakni, membeli properti, yacht, berpesta pora, membeli karya seni, baju, perhiasan, dan barang-barang mewah lainnya. Uang tersebut juga digunakan untuk membiayai film The Wolf of Wall Street (2013) yang diproduseri Riza Aziz.

Sebelum Kerr, Leonardo DiCaprio lebih dulu mengembalikan barang-barang berharga yang berkaitan dengan kasus tersebut. Yakni, lukisan Picasso Nature Morte au Crane de Taureau senilai USD 3,2 juta (Rp42,6 miliar) dan kolase Jean-Michel Basquiat senilai USD 9 juta (Rp120 miliar).

Department of Justice masih berusaha menarik hak The Wolf of Wall Street dan dua film produksi Red Granite Pictures lainnya. Yakni, Dumb and Dumber To (2014) dan Daddy’s Home (2015). (adn/c16/ayi)

More about ...