Terima Banyak Laporan, Kampus Ini Perpanjang Proses Verifikasi SNMPTN 2017


JAKARTA – Untuk memberikan waktu kepada mahasiswa yang berasal dari luar kota, Universitas Jember (Unej) memperpanjang proses verifikasi bagi pelajar yang diterima di kampus tersebut melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Proses verifikasi diperpanjang sampai 15 Mei 2017.

Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember, Agung Purwanto, mengatakan, sejak berakhirnya proses verifikasi ternyata masih ada beberapa calon mahasiswa baru yang berasal dari luar kota belum melakukan verifikasi online maupun verifikasi final.

“Berdasarkan information yang ada, jumlah peserta yang diterima di Unej melalui SNMPTN ada 2.301, yang sudah melakukan verifikasi online sebanyak 2.092 dan yang sudah melakukan verifikasi fisik atau final ada sebanyak 2.039. Sehingga masih ada 209 siswa belum melakukan verifikasi online dan 53 siswa belum melakukan verifikasi fisik,” ujar Agung dalam siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (12/5/2017).

Perpanjangan waktu verifikasi, sambung Agung, setelah pihak kampus menerima laporan dari calon mahasiswa baru yang berasal dari luar kota mengalami kesulitan untuk verifikasi.

“Beberapa diantara mereka mengaku tidak mendapatkan akses informasi mengenai jadwal registrasi yang diumumkan secara online. Ada juga yang mengalami kesulitan dalam melakukan upload information dan berkas pendukung verifikasi,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, ada beberapa calon mahasiswa baru yang belum melakukan verifikasi telah mengirimkan surat pengunduran diri sebagai camaba Universitas Jember. Menurut Agung, ada beberapa alasan yang disampaikan melalui email humas terkait pengunduran diri.

“Kebanyakan mereka mengundurkan diri karena diterima di sekolah kedinasan. Ada juga yang beralasan karena diterima di module studi yang tidak diinginkan dan lebih memilih untuk ikut seleksi ulang melalui jalur SBMPTN 2017,” lanjut Agung.