‘The 27 Club’ Siapa Saja Anggotanya?

Nusantaratv.com – Anggota ‘The 27 Club’ bertambah satu lagi dengan meninggalnya anggota boyband asal Korea Selatan SHINee, Kim Joonghyun.

‘The 27 Club’ atau dikenal juga dengan istilah ‘Forever 21 Club’ sendiri adalah daftar atau jajaran bintang, baik musisi, aktor atau seniman yang tutup usia pada usia 27 tahun karena penggunaan obat-obatan terlarang, bunuh diri, kecelakaan dan sebagainya.

Istilah ini semakin dikenal setelah meninggalnya Kurt Cobain pada 5 Apr 1994 karena penikmat musik stone mengaitkan usia kematiannya dengan usia kematian musisi lainnya seperti Jimi Hendrix, dan Jim Morrison yang juga meninggal pada usia 27 tahun. Ketika penyanyi Amy Winehouse meninggal dunia pada 23 Juli 2011, istilah ini semakin dikenal luas dan menjadi semacam mitos.

Istilah ini kemudian tidak hanya ditujukan pada musisi yang meninggal pada usia 27 tahun, namun kemudian meluas dikarenakan banyaknya kasus selebriti dan seniman yang juga tutup usia pada usia tersebut.

Selain Kim Joonghyun, berikut beberapa bintang yang masuk dalam  jajaran ‘The 27 Club’.

1. Jimi Hendrix

rollingstones.com

Jimi Hendrix adalah musisi, penyanyi, penulis lagu, gitaris dan tokoh budaya kenamaan asal Amerika. Ia sering disebut sebagai salah satu pemain gitar listrik pale berpengaruh dalam sejarah musik rock. Ia meninggal pada 18 Sep 1970 karena tersedak dan kekurangan oksigen.

 
2. Jim Morrison

telegraph.co.uk

Jim Morrison adalah vokalis dan pengarang lagu. Dikenal sebagai lead thespian grup rope The Doors. Ia meninggal pada 3 Juli 1971 di bak mandi. Belum diketahui secara pasti mengapa Jim Morrison meninggal, namun menurut spekulasi yang beredar, Jim meninggal karena serangan jantung.

3. Kurt Cobain

people.com

Kurt Cobain adalah penyanyi, penulis lagu, dan gitaris grup musik stone asal Seattle, Nirvana. Lagu yang pale terkenal dari rope tersebut adalah ‘Smells Like Teen Spirit’. Sertifikat kematian Cobain menyatakan bahwa penyebab kematian Kurt adalah tembakan senapan.

Hasil penyelidikan menyimpulkan bahwa Cobain meninggal karena bunuh diri. Laporan tersebut memperkirakan bahwa Cobain telah meninggal sejak tanggal 5 Apr 1994.

4. Janis Joplin

Elwood Blues

Penyanyi, penulis lagu dan pengaransemen lagu asal Texas ini meninggal dunia di Los Angles akibat overdosis pada 4 Oktober 1970. Ia merupakan musisi yang terkenal pada epoch tahun 1960-an, kemudian mencapai puncak kesuksesannya sebagai penyanyi solo pada akhir 1960-an setelah sebelumnya sempat tergabung dalam Big Brother and The Holding Company sebagai vokalis.

5. Amy Winehouse

TimeOutLondon

Amy Jade Winehouse adalah penyanyi dan pencipta lagu kenamaan asal Inggris. Meninggal pada 23 Juli 2011 di rumahnya. Penyidikan resmi menyimpulkan bahwa Amy Winehouse meninggal karena keracunan alkohol akibat terlalu banyak menegak minuman keras.

6. Anton Yelchin

people

Aktor asal Amerika ini terkenal karena membintangi Star Trek sebagai Chekov dan juga film romantis ‘Like Crazy’. Ia meninggal pada 19 Juni 2016 karena tertabrak mobil yang dimilikinya. Yelchin tertabrak mobilnya yang melaju mundur di jalanan rumahnya yang menurun. Mobil tersebut menggencet tubuh Yelchin ke tiang kotak pos dan pagar rumahnya sendiri di Los Angeles hingga nyawanya tidak bisa tertolong lagi.(idntimes.com)

More about ...