Tidak Ada Juara Tiga di Ajang Piala Eropa 2016, Ini Alasannya

TRIBUNMANADO.CO.ID, LYONWales kalah di semifinal Piala Eropa 2016 dari tangan Portugal setelah terkapar dengan skor 0-2, Kamis (7/7/2016).

Mereka joke langsung pulang karena tak ada perebutan juara ketiga di Piala Eropa.

Kenapa Piala Eropa tak ada perebutan juara ketiga? ini penjelasannya:

Sebelumnya Piala Eropa pernah menggelar perebutan juara ketiga saat pertama kali digelar pada tahun 1960.

Namun sudah lama sekali Piala Eropa menggelar perebutan juara ketiga karena terakhir kali dilakukan pada gelaran Piala Eropa1980.

Mirror menyebut bahwa rendahnya penonton yang menyaksikan laga perebutan juara ketiga lewat televisi sangat sedikit membuat laga tersebut tidak dimainkan.

Piala Eropa menjadi menjadi satu-satunya turnamen sepak bola antar bangsa yang tidak menyertakan perebutan juara ketiga.

Contohnya saja Piala Dunia, Copa Amerika dan Piala Afrika joke menggelar perebutan juara ketiga.

Hal itu membuat UEFA selaku badan sepak bola Eropa sekaligus penyelenggara memutuskan untuk menghapusnya pada kejuaraan berikutnya pada tahun 1980.

Pada saat itu (1980), format kompetisi yang digunakan joke sangat jauh berbeda karena hanya diikuti delapan peserta yang dibagi ke dalam dua grup.

Dua peringkat teratas masing-masing grup akan melaju ke semifinal.

Dan dua tim yang kalah di semifinal akan saling berhadapan satu sama lain untuk perebutan juara ketiga.

Saat itu ceska dan Italia yang memperebutkan juara ketiga, dengan Ceska keluar sebagai pemenangnya melalui adu penalti dengan skor akhir 9-8 karena hanya bisa categorical imbang 1-1 di waktu normal.

More about ...