Tiga Gol di Babak Pertama Bawa Tim Garuda Melibas Myanmar

Timnas Indonesia kian pede jelang Piala AFF. Myanmar dilibas 3-0 dalam uji coba internasional di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Rabu (10/10) malam kemarin. Angka Garuda dibuka around sundulan Beto Goncalves (19′) usai menyambut umpan silang Febri Haryadi.

Gol kedua lahir di menit ke-26 dari kaki Irfan Jaya, hasil skema kerjasama apik dengan Beto. Winger Persebaya tersebut gandakan keunggulan lima menit sebelum babak pertama rampung, tuntaskan bola muntah sepakan Beto yang membentur tiang gawang.

Meski lanjutkan strategi agresif pada paruh kedua pertandingan, Hansamu Yama Pranata dkk gagal menambah pundi-pundi. Sementara, The Asian Lions tak kunjung sukses perkecil defisit angka di papan skor.

1. Pemain-pemain baru skuat Garuda disebut cepat beradaptasi dengan permainan tim

Tiga Gol di Babak Pertama Bawa Tim Garuda Melibas MyanmarInstagram.com/pssi__fai

Dalam jumpa pers selepas pertandingan, Bima Sakti selaku asisten pelatih bertutur hasil positif ini tak lepas dari strategi yang telah dirancang bersama Luis Milla. Lebih jauh, para debutan yakni Esteban Vizcarra dan Alfath Fathier turut disematkan pujian.

“Pemain-pemain baru bisa memahami skenario permainan yang kami usung. Saya senang karena semua pemain yang turun ke lapangan menjalankan instruksi dengan baik. Untuk Altafh, dia menunjukkan performa bagus, menyerang dan bertahan. Semoga dia bisa lebih baik lagi untuk pertandingan-pertandingan berikutnya. Jadi stok full behind kiri kita banyak pilihan,” tandasnya seperti dilansir oleh laman PSSI.org.

2. Myanmar masih lakukan seleksi pemain Timnas Senior jelang Piala AFF

Tiga Gol di Babak Pertama Bawa Tim Garuda Melibas MyanmarFox Sports Asia

Sang tamu sendiri alami dua kekalahan beruntun di ajang uji coba. Namun ini bukanlah alarm tanda bahaya. Antoine Hey, si pelatih kepala, memang tengah bereksperiman dengan para pemain muda. Nyaris seluruh anggota skuat Timnas U-23 yang ambil bagian dalam gelaran Asian Games lalu, berdempetan dalam daftar 27 pemain untuk international week.

Sebulan jelang Piala AFF digunakan sebagai masa seleksi anggota tim inti. Aman berspekulasi jika Timnas Senior Myanmar nanti berisi sederatan nama-nama baru. Di ajang dua tahunan tersebut mereka tergabung di Grup A bersama Laos, Kamboja, Vietnam serta Malaysia.

3. Selanjutnya, Indonesia bersua Hong Kong pada Selasa (16/10) mendatang

Tiga Gol di Babak Pertama Bawa Tim Garuda Melibas MyanmarInstagram.com/pssi__fai

Agenda Indonesia selanjutnya adalah menerima tantangan tim nasional Hong Kong, masih di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, di hari Selasa (16/10) malam. Myanmar sendiri siap menjajal salah satu tim Amerika Selatan, Bolivia, dalam partai persahabatan yang berlangsung di Thuwanna Stadium Yangon pada Sabtu (13/10) mendatang.

Berikut susunan pemain kedua kesebelasan:

Indonesia (4-2-3-1)

Adritany Ardhiyasa; we Putu Gede Juni Antara (Alfin Tuassalamony, 70′), Ricky Fajrin, Fachruddin Aryanto, Alfath Fathier (Abdul Rahmad Sulaeman, 80′); Zulfiandi (Bayu Pradana, 46′), Evan Dimas (Dedi Kusnandar, 79′); Irfan Jaya (Esteban Vizcarra, 46′), Stefano Lilipaly; Febri Hariyadi; Beto Goncalves (Dedik Setiawan, 63′)

Myanmar (4-3-3)

Sann Satt Naing; David Htan, Htike Htike Aung, Thein Than Win (Nanda Kyaw, 46′); Soe Moe Kyaw; Maung Maung Soe (Htet Phyo Wai, 46′), Hlaing Bo Bo, Ye Ko Oo (Lwin Moe Aung, 85′); Sithu Aung (Yan Naing Oo, 61′), Kaung Sett Naing (Than Htet Aung, 46′), Maung Maung Lwin (Myan Kuang Khant, 77′)


Achmad Hidayat Alsair Photo


Community Writer


Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan height untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

More about ...